get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Misa Pemakaman Paus Benediktus XVI, 200 Ribu Umat Katolik Beri Penghormatan Terakhir

Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:26 WIB
header img
Misa pemakaman mendiang Sri Paus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

Perwakilan dari seluruh dunia
Kepala negara dan keluarga kerajaan, pendeta dari seluruh dunia dan ribuan orang biasa menghadiri upacara tersebut. Banyak pelayat berasal dari penduduk asli Benediktus, Bavaria, dan mengenakan pakaian tradisional, termasuk mantel wol rebus untuk melindungi dari dinginnya pagi.

Hanya Italia dan Jerman yang diundang untuk mengirimkan delegasi resmi, tetapi para pemimpin lain menerima tawaran Vatikan dan datang dalam “kapasitas pribadi” mereka.

Ini termasuk beberapa kepala negara, setidaknya empat perdana menteri dan dua delegasi perwakilan kerajaan. Selain itu, sejumlah patriark bergabung dengan 125 kardinal di kursi di sisi altar, dan Gereja Ortodoks Rusia mengirimkan utusan asingnya.

Di antara mereka yang hadir juga Uskup Agung Georg Gaenswein, yang membungkuk dan mencium Injil yang dibiarkan terbuka di peti mati sebelum upacara dimulai.

Santo subito
Di akhir pemakaman di st. Peter's Square, beberapa orang berteriak dalam bahasa Italia "Santo Subito!" (Jadikan dia orang suci sekarang!), mengulangi ungkapan yang diserukan, oleh banyak orang, pada pemakaman Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2005.

Fransiskus, yang duduk hampir sepanjang kebaktian karena sakit lutut, berdiri di akhir saat peti mati Benediktus dibawa pergi untuk pemakaman pribadi di dalam Basilika Santo Petrus. Menundukkan kepalanya dalam doa diam dan menyentuh peti mati sebentar.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut