get app
inews
Aa Read Next : Isu Hubungan Diplomatik Indonesia Israel Dibantah Jubir Kemenlu RI

Putus Hubungan Diplomatik, Duta Besar Tahta Suci Vatikan Tinggalkan Negara Nikaragua

Senin, 20 Maret 2023 | 10:44 WIB
header img
Perwakilan Vatikan Tinggalkan Negara Nikaragua (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Sejumlah besar persoalan yang dihadapi oleh Tahta Suci Vatikan dengan Negara Nikaragua pimpinan Presiden Daniel Ortega dan negara tersebut telah menutup hubungan diplomatik dengan Tahta Suci Vatikan.

Persolan tersebut diantaranya penahanan sejumlah Uskup dan Pastor di negara itu dengan alasan mengancam keamanan nasional. Tidak hanya itu, sejumlah badan amal Gereja bahkan Univeritas Katolik di negara itu ditutup.

Hal itu disampaikan oleh Kuasa Hukum Vatikan dari Nunsiatur Apostolik Nikaragua, Mgr. Marcel Mbaye Diouf pada Sabtu, (18/03/2023).

"Nunsiatur Apostolik Nikaragua meninggalkan negara itu pada 17 Maret 2023 dan pindah ke Kosta Rika. Penutupan kantor Diplomatik Tahta Suci Vatikan di Managua dilakukan atas permintaan pemerintah Nikaragua, tertanggal 10 Maret 2023," ujarnya.

Penutupan itu sebagaimana ditetapkan oleh Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik, hak asuh Nunsiatur Apostolik dan asetnya dipercayakan kepada Republik Italia.

Sebelum berangkat, Mgr Diouf disambut oleh perwakilan diplomatik Uni Eropa, Jerman, Perancis dan Italia terakreditasi Nikaragua.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut