Logo Network
Network

Ternyata Vatikan Punya Observatorium Berusia 450 Tahun dan Memiliki Teleskop Canggih

Isto Santos
.
Kamis, 23 Maret 2023 | 15:27 WIB
Ternyata Vatikan Punya Observatorium Berusia 450 Tahun dan Memiliki Teleskop Canggih
Paus Paulus VI saat berada di Observatorium Vatikan pada 20 Juli 1969 di Castel Gondolfo (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Negara Vatikan meskipun menjadi salah satu negara terkecil di dunia tetapi di bidang ilmu pengetahuan tidak perlu diragukan lagi pasalnya Vatikan yang dipimpin oleh seorang Paus memiliki observatorium sendiri dan telah berusia 450 tahun.

Yayasan Observatorium Vatikan mengumumkan para astronom dari Leibniz-Institute for Astrophysics Potsdam (AIP) dan Observatorium Vatikan (VO) bekerja sama untuk mensurvei secara spektroskopik lebih dari 1000 bintang terang yang diduga memiliki planet ekstrasurya mereka sendiri.

Menurut pernyataan Observatorium Vatikan, tim — yang meliputi astronom VO Pastor Paul Gabor, SJ., Pastor David Brown, SJ., dan Pastor Chris Corbally, SJ, dan insinyur VO Michael Franz.

Sekarang menyajikan nilai tepat dari 54 parameter spektroskopi per bintang dalam seri pertama makalah di jurnal Astronomi & Astrofisika dan merilis semua datanya ke komunitas ilmiah.

Sejumlah besar parameter yang belum pernah ada sebelumnya ini akan sangat penting untuk menafsirkan cahaya bintang dan menemukan hubungan antara sifat bintang dan kemungkinan planetnya.

Bintang, jelas pernyataan itu, bercerita tentang diri mereka sendiri, dan terkadang tentang planet mereka yang belum ditemukan.

Cahaya bintang mengungkapkan banyak sifat fisik bintang, seperti suhu, tekanan, gerak, komposisi kimianya, dan banyak lagi. Peneliti menganalisis cahaya dengan metode yang disebut spektroskopi serapan kuantitatif.

Motivasi
Untuk melakukan ini, teleskop menangkap cahaya bintang dan spektrograf memecahnya berdasarkan panjang gelombang menjadi spektrum mirip pelangi yang merupakan sidik jari cahaya bintang.

Ketika para astronom mengetahui parameter ini dengan tepat, mereka dapat menggunakannya untuk menguji model teoretis bintang mereka.

Ini sering mengungkapkan bahwa model memiliki beberapa kekurangan, atau pengamatan spektrum bintang masih terlalu tidak tepat. Namun terkadang, terungkap bahwa sebuah bintang memiliki kisah yang mengejutkan bagi para astronom.

Itulah yang memotivasi tim ini untuk melakukan survei yang sangat tepat terhadap kemungkinan bintang yang menghuni planet.

Hal itu disampaikan oleh Direktur di AIP dan Peneliti Utama Survei, Prof. Klaus G. Strassmeier pada Minggu, (21/03/2023).

"Karena bintang dan planetnya terbentuk bersama, muncul pertanyaan apakah keberadaan unsur kimia tertentu di atmosfer bintang, atau rasio isotop atau kelimpahannya, merupakan indikasi sistem planet," jelasnya.

Para astronom telah berhipotesis, jumlah unsur kimia yang berbeda di dalam sebuah bintang dapat mengisyaratkan bahwa bintang tersebut memiliki planet terestrial (dunia berbatu seperti Bumi atau Mars), dapat menunjukkan usia planet tersebut, dan bahkan dapat memberikan petunjuk bahwa bintang tersebut telah "memakan" sebagian dari planet-planetnya.

Ini perlu diselidiki lebih lanjut dan data yang sekarang diterbitkan menjadi dasar untuk ini. Dari lebih dari 5000 exoplanet yang dikonfirmasi (planet yang mengorbit bintang selain Matahari), 75% ditemukan dari luar angkasa dengan mengamati cahaya bintang yang berkurang karena planet yang lewat di depannya.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.