get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Terkuak Misteri Motif Utama Mundurnya Paus Benediktus XVI pada Tahun 2013

Senin, 30 Januari 2023 | 16:05 WIB
header img
Mendiang Paus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU- Menurut penulis biografi kepausan Peter Seewald, insomnia kronis pada akhirnya menyebabkan keputusan Paus Benediktus XVI untuk mengundurkan diri pada tahun 2013.

Dalam surat terakhirnya kepada penulis biografi tertanggal 28 Oktober 2022 itu, Paus Benediktus XVI menulis "motif utama" pengunduran dirinya dari jabatannya adalah insomnia, kata Seewald menurut  laporan 27 Januari  2023 oleh CNA Deutsch.

Paus yang meninggal pada 31 Desember 2022, juga menulis bahwa insomnia terus menemaninya sejak Hari Pemuda Sedunia di Cologne.

Hari Pemuda Sedunia 2005 di Cologne berlangsung beberapa bulan setelah pemilihan Benediktus XVI dan merupakan perjalanan kepausan pertamanya.

Paus kelahiran Bavaria itu menjabat selama hampir delapan tahun sebelum mengumumkan pengunduran dirinya dengan alasan  kekuatan yang melemah pada 11 Februari 2013.

Mengonfirmasi sebuah laporan media Jerman, Seewald mengatakan kepada kantor berita CNA bahwa Benediktus XVI tidak ingin mempermasalahkan keadaan yang semakin dekat dengan pengunduran dirinya dan sering kelelahan saat masih hidup.

"Karena desas-desus dan spekulasi tentang pengunduran diri Benediktus XVI belum mereda, saya berkewajiban untuk menerbitkan detail penting yang dipercayakan kepada saya tentang riwayat kesehatan paus asal Jerman," ujarnya.

Penulis biografi mengatakan bahwa Benediktus XVI telah menggunakan pil tidur yang kuat.

Dalam perjalanannya ke  Meksiko dan Kuba pada Maret 2012, kata Benediktus kepada Seewald, dia (Benediktus XVI) menyadari telah menabrak sesuatu di kamar mandi dan jatuh setelah bangun hanya menemukan saputangannya berlumuran darah.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut