get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Misa Pemakaman Paus Benediktus XVI, 200 Ribu Umat Katolik Beri Penghormatan Terakhir

Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:26 WIB
header img
Misa pemakaman mendiang Sri Paus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Paus Fransiskus pada hari Kamis memimpin Misa Requiem yang sangat bersejarah bagi pendahulunya, Paus Emeritus Benediktus XVI.

Diperkirakan lima puluh ribu orang memenuhi Lapangan Santo Petrus pada hari Kamis, (05/01/2023) untuk merayakan kehidupan Paus Emeritus Benediktus XVI. Tidak hanya itu, 200 umat telah memberikan penghormatan terakhir kepada Paus Gereja Katolik ke-265 itu sebelum dimakamkan.

Yang pertama dalam beberapa tahun
Dilansir Vatikan News, Kematian Paus Emeritus Benediktus XVI, pada hari Sabtu (31/12/2022), mengakhiri hampir satu dekade dua Paus (dulu dan sekarang), yang tinggal di Vatikan pada waktu yang sama.

Pengunduran diri Benediktus pada tahun 2013 adalah yang pertama dalam lebih dari 600 tahun, dan pemakamannya pada hari Kamis adalah yang pertama dalam lebih dari 200 tahun di mana Paus yang berkuasa memberkati jenazah pendahulunya sebelum dimakamkan.

Kerumunan bertepuk tangan saat pengusung jenazah membawa peti mati Benediktus keluar dari St. Petersburg yang diselimuti kabut kemudian diletakan di Basilika Santo Petrus dan di depan altar di alun-alun di luar.

Paus Fransiskus kemudian membuka kebaktian dengan doa dan menutupnya dengan memberkati peti mati sederhana yang hanya dihiasi dengan lambang mantan paus itu.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut