get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Uskup Agung Gänswein Mengenang Satu Bulan Meninggalnya Paus Benediktus XVI

Kamis, 02 Februari 2023 | 09:13 WIB
header img
Paus Benediktus VXI dan Uskup Agung Gänswein (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Uskup Agung Georg Gänswein merayakan Misa di makam Santo Petrus pada hari Selasa untuk menandai satu bulan sejak kematian Paus Benediktus XVI.

Gänswein merupakan mantan sekretaris Paus Benediktus XVI, mempersembahkan misa di ruang bawah tanah Vatikan dekat makam Benediktus XVI.

Benediktus XVI meninggal pada 31 Desember 2022 di Vatikan. Dia dimakamkan di ruang bawah tanah Basilika Petrus pada 5 Januari 2023.

Dalam homilinya, Gänswein berkata, Benediktus XVI salah satu teolog terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa di Tahta Petrus, menempatkan dirinya di bawah perlindungan seorang santo yang tidak memiliki teologi, hanya seorang pendoa dan pertapa.

Orang suci itu, katanya, adalah Benediktus Joseph Labre, yang dikenal sebagai "orang suci pengemis," yang pestanya dirayakan setiap tangga 16 April, juga merupakan hari ulang tahun dan hari pembaptisan Benediktus XVI.

“Sungguh kejutan, misteri, kerendahan hati, tetapi juga pelajaran,” kata Gänswein pada Rabu, (01/02/2023).

Menurut uskup agung Jerman itu, spiritualitas Benediktus XVI menggemakan spiritualitas Santo Benediktus Joseph Labre.

"Labre, dan Benediktus XVI, percaya bahwa seseorang harus memiliki tiga hati yang bersatu dalam satu: hati untuk cinta Tuhan, hati untuk semangat untuk sesama, dan hati yang memberikan kesaksian akan keindahan iman,” ujarnya.

Namun, satu perbedaan di antara mereka adalah bahwa teologi membuka pintu untuk pemujaan bagi Benediktus XVI.

Diceritkan dalam homili tahun 2012, Benediktus XVI memanggil Santo Benediktus Joseph Labre salah satu orang suci yang paling tidak biasa dalam sejarah Gereja.

"Tidak ingin melakukan apa pun selain berdoa dan memberikan kesaksian tentang apa yang penting dalam hidup ini yakni Tuhan," ujarnya lebih lanjut.

“Dia menunjukkan kepada kita bahwa hanya Tuhan saja yang cukup; bahwa melebihi apapun di dunia ini, melebihi kebutuhan dan kemampuan kita, yang penting, yang esensial adalah mengenal Tuhan,” kata Benediktus XVI pada 16 April 2012.

Paus Benediktus, menurut Gänswein, melihat misinya untuk, jika perlu, menegur para teolog dan uskup untuk menjauhkan mereka dari arus teologis yang berbahaya dan dalam kesatuan Gereja universal dan jaminan iman.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut