get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Gänswein Mengenang Satu Bulan Meninggalnya Paus Benediktus XVI

Gereja Makam Suci Dipercaya Sebagai Tempat Yesus Kristus Dikuburkan

Sabtu, 08 April 2023 | 19:48 WIB
header img
Church of Holy Sepulchre (Foto: Istimewa).

YERUSALEM, iNewsTTU.id - Situs Gereja Makam Suci (Church of Holy Sepulchre) di Yerusalem diidentifikasi sebagai tempat penyaliban dan makam Yesus dari Nazaret. Gereja telah lama menjadi pusat ziarah utama bagi orang Kristen di seluruh dunia.

Menurut Perjanjian Baru, Yesus disalibkan di Golgota, “tempat tengkorak” (Mat. 27:33–35; Markus 15:22–25; Yoh. 19:17–24). Ini telah diidentifikasi sebagai area tambang batu yang ditinggalkan tepat di luar tembok kota.

Sekitar 10 tahun setelah penyaliban, tembok ketiga dibangun yang menutupi area eksekusi dan penguburan di dalam kota, yang merupakan lokasi Makam Suci di dalam Kota Tua Yerusalem saat ini.

Penjara Suci Kaisar Romawi Konstantinus I, bertobat dan menjadi pemeluk Kristen, yang memiliki kuil Venus di Yerusalem dihancurkan untuk membuka jalan bagi sebuah gereja. Selama pembongkaran, ditemukan sebuah makam yang dianggap sebagai makam Yesus.

Gereja pertama Makam Suci didekati dengan beberapa langkah dari Cardo, jalan utama Yerusalem.

Kemudian peziarah melewati sebuah narthex; sebuah basilika; dan area terbuka, "taman suci", yang memiliki batu karang Golgota, akhirnya mencapai Makam Suci itu sendiri.

Makam potongan batu awalnya terbuka untuk unsur-unsur tetapi kemudian dilindungi oleh sebuah bangunan kecil.

Seluruh kompleks dihiasi dengan mewah, seperti yang kita ketahui dari deskripsi oleh penulis biografi Konstantinus Eusebius dari Kaisarea, dari gambar-gambar di Gereja St. Pudenziana di Roma yang berasal dari awal abad kelima dan pada peta mozaik Madaba dari abad keenam, dan dari penggalian modern.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut