get app
inews
Aa
Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

Kardinal Mario Grech: Paus Benediktus XVI Disalahpahami Sepanjang Hidupnya

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:35 WIB
header img
Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Paus Benediktus XVI disalahpahami sepanjang hidup dan pelayanannya, tulis Kardinal Mario Grech dalam sebuah esai minggu ini di surat kabar Vatikan L'Osservatore Romano edisi Italia pada Selasa, (17/01/2023).

Kardinal Mario Grech adalah Sekretaris Jenderal Sinode para Uskup dan Kepala Penyelenggara Sinode tentang Sinode Gereja Katolik, yang saat ini sedang berlangsung.

Kardinal Grech berkata bahwa Benediktus XVI sering kali tetap merupakan suara yang disalahpahami. Dan ini telah menjadi konstan dalam kehidupan, teologi, dan Kepausannya.

Kardinal dari Malta itu membandingkan Joseph Ratzinger dengan badut dalam kisah terkenal filsuf Kierkegaard: Ketika seorang badut mencoba membunyikan alarm bahwa kebakaran berbahaya telah terjadi di sirkus dan mengancam kota jika tidak dipadamkan.

Penduduk kota tidak menganggap serius badut itu tetapi menertawakan apa yang mereka pikir hanyalah upayanya untuk membuat mereka datang ke sirkus.

Grech menunjukkan bahwa Profesor Joseph Ratzinger, sebutan teolog muda itu, membuka bukunya tahun 1968 “Pengantar Kekristenan” dengan cerita yang sama, membandingkan pengalaman umat Kristen pada masa itu dengan pengalaman badut yang disalahpahami.

“Meskipun Kardinal Ratzinger tidak pernah mengatakannya secara eksplisit, Saya melihat sekilas identifikasi, atau setidaknya kesamaan, memang, antara kisah badut dan kisah pribadi Paus teolog dari Bavaria,” katanya.

Ratzinger dan keluarganya tidak dipahami ketika mereka melawan Nazi Jerman, kata Grech. Ratzinger sang teolog juga tidak mengerti ketika, pada periode setelah Konsili Vatikan II.

Dia mempertanyakan apakah usulan reformasi tertentu adalah untuk kebaikan Gereja — kehilangan teman dan posisi di sepanjang jalan.

Grech mengatakan Kardinal Ratzinger juga disalahpahami di Roma, di mana, sebagai Prefek Kongregasi Ajaran Iman, dia memiliki reputasi sebagai orang yang kaku dan tidak fleksibel.

“Ratzinger tidak dipahami bahkan ketika dia mengundurkan diri (sebagai Paus),” lanjut kardinal.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut