Logo Network
Network

Tingkatkan Kompetensi, Sat Lantas Polres TTU Belajar Manajemen Perilaku Manusia

Isto Santos
.
Rabu, 11 Januari 2023 | 18:07 WIB
Tingkatkan Kompetensi, Sat Lantas Polres TTU Belajar Manajemen Perilaku Manusia
Sat Lantas Polres TTU belajar Manajemen Perilaku Manusia kaitannya dengan fungsi teknis lalu lintas (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id- Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Timor Tengah Utara (TTU) lakukan kegiatan Program Polisi Belajar berdasarkan Jukrah Kapolda NTT bernomor: ST/21/I/KEP/2023, tertanggal 10 Januari 2023 tentang pelaksanaan giat Polisi Belajar.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi personil Satuan Lalu Lintas Polres TTU yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim.

Hal itu disampaikan oleh Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim pada Rabu, (11/01/2023) di Ruangan Kantor SATPAS Sat Lantas Polres TTU.

"Kita memberikan pembelajaran sistem kelas tentang Manajemen Perilaku Manusia atau Human Behaviour Management yang berkaitan dengan fungsi teknis lalu lintas," ujarnya.

Ia mengatakan, garis besar materi diantaranya sifat dasar dari Lalu Lintas (traffic) adalah traffic is like a water yang meliputi,  flow always everyday (mengalir kemana saja), takes way of low resistance (menyebar ke segala arah), dan cannot be pressed together (tidak bisa ditekan atau dikendalikan).

"Tetapi manusia adalah faktor terpenting dalam berlalu lintas untuk memenuhi kebutuhannya, sesuai perception hain (rantai persepsi) dan otak manusia dapat merubah perilaku manusia yang dapat memiliki kemampuan untuk membentuk neuron-neuron baru," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan studi kasus teori Ivan Pavlov, mengungkapkan bagaimana sebuah stimulus atau rangsangan direspon dengan pembiasaan yang akan merubah perilaku manusia dari yang menyalahi aturan menjadi sadar dan paham.

Contoh, level 1 tidak tahu adanya aturan dan tidak paham manfaat helm, level 2 mengetahui kegunaan helm karena pernah melihat sendiri kecelakaan serta level 3 mengetahui manfaat memakai helm dan aturan serta sanksinya.

"Dan level 4 dilaksanakan secara kontinue, secara respon alam bawah sadar akan selalu memakai helm apabila menaiki kendaraan," ungkapnya.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini