get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Profil Paus Emeritus Benediktus XVI, Sang Profesor Teologi dari Jerman

Jum'at, 30 Desember 2022 | 00:24 WIB
header img
Paus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id- Benediktus XVI, nama asli Joseph Alois Ratzinger, lahir 16 April 1927, di Marktl, Bayern, Jerman dari pasangan Joseph Ratzinger dan Maria Ratzinger. Ia anak bungsu dari tiga bersaudara, Georg Ratzinger dan Maria Ratzinger.

Awal kehidupan dan karir
Dilansir dari Britannica, Ayah Ratzinger adalah seorang polisi dan ibunya seorang juru masak hotel. Ratzinger berusia enam tahun ketika Nazi mengambil alih kekuasaan di Jerman pada tahun 1933; orang tuanya, yang beragama Katolik setia, memusuhi rezim tersebut.

Ratzinger masuk seminari pada tahun 1939. Pada tahun 1941 dia dipaksa untuk bergabung dengan Pemuda Hitler, dan pada tahun 1943 dia direkrut menjadi militer Jerman, bertugas di unit anti pesawat di Bavaria sebelum dikirim ke Hongaria untuk memasang perangkap tank pada tahun 1945.

Tanggal 29 Juni 1951, Ratzinger dan saudaranya Georg ditahbiskan menjadi imam, pada pesta Santo Petrus dan Paulus oleh Kardinal Munich, Mgr. Faulhaber, di Katedral Freising.

Juli 1953, Ratzinger menerima gelar doktor di bidang teologi dengan disertasi berjudul “Umat dan Rumah Tuhan dalam Ajaran Gereja dari Augustinus”.

Setelah menerima gelar doktornya di bidang teologi, Ratzinger melakukan riset mengenai sejarah teologi dan wahyu dari teologi St. Bonaventura. Penelitian itu selesai pada 1957, dan setahun kemudian, 1958, ia menjadi seorang profesor di bidang teologi pada Universitas Freising.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut