get app
inews
Aa
Read Next : Pemda Timor Tengah Utara masih Perpanjang Masa Pengabdian Tenaga kontrak Tahun 2024

Begini Tips dan Contoh Deskripsi Diri untuk Calon Guru PPPK

Minggu, 06 November 2022 | 09:34 WIB
header img
Syarat dan jadwal pendaftaran guru PPPK untuk guru. Foto: Infokom Tangsel

2. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022 :
 
Contoh 1

Nama saya Nurmala, lahir di Sidoarjo pada 12 September 1996, dan saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Sidoarjo.

Menjadi guru, membuat saya bisa mengenali berbagai karakter siswa yang telah saya temui selama mengajar tiga tahun di SD tersebut.

Ketika bertugas, saya dipercayakan untuk menjadi wali kelas 5 selama 2 tahun. Selain itu, sebelum saya dipercaya menjadi wali kelas, saya juga pernah mengajar sebagai guru biasa ketika awal bergabung. 

Saya juga ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga pendidik, dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul.  Contohnya adalah salah satu program yang saya terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran yang memanfaatkan alam sekitar. 

Kegiatan belajar ini dilakukan dengan tujuan, agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja. Kegiatan ini terbukti memberi dampak baik terhadap penilaian formatif dan sumatif siswa.

Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, di mana kegiatan ini juga membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru. Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi.

Contoh 2

Nama saya  Nurida dan terbiasa disapa Nuri.

Saya lahir di Kota Makassar pada 3 Oktober 1995. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 7 Makassar. 

Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 5 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, terlebih pada materi yang saya ajarkan, saya selalu mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut