Begini Tips dan Contoh Deskripsi Diri untuk Calon Guru PPPK

Ami Heppy S
.
Minggu, 06 November 2022 | 09:34 WIB
Syarat dan jadwal pendaftaran guru PPPK untuk guru. Foto: Infokom Tangsel

JAKARTA, INEWS.TTU.ID - Bagi anda calon guru P3K jangan kuatir pasalnya Pemerintah kembali membuka proses seleksi untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga Guru mulai dari 31 Oktober 2022 sampai dengan 13 November 2022 mendatang.

Pendaftaran sendiri dapat dilakukan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/

Pada tahap ini, pelamar diwajibkan untuk mengisi sejumlah data dan berkas. Salah satu hal yang harus dilengkapi adalah deskripsi diri.

Sebab, saat melamar untuk menjadi calon PPPK, peserta harus menulis deskripsi diri  dengan baik.

Meskipun menulis deskripsi diri untuk seleksi PPPK ini relatif mudah, namun begitu, ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa contoh dan tips buat deskripsi diri yang dapat kita jadikan referensi kala melamar untuk posisi tenaga Guru pada seleksi PPPK 2022.

1. Tips Membuat Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

 Deskripsi diri ditulis dalam sebuah esai yang isinya menggambarkan kondisi pelamar dalam bidang pekerjaan dan kehidupan masyarakat.

Pelamar harus mendeskripsikan tentang diri sendiri dengan jumlah kata yang terdiri atas maksimal 3.000 karakter.

Berikut tips mudah membuat deskripsi diri PPPK Guru 2022:

a. Cantumkan informasi penting mengenai diri kita dengan lengkap dan jelas (Misal: nama, usia, pekerjaan saat ini, dan hal lain yang membuat diri kita tergambarkan dengan jelas).

b. Ketika menulis pencapaian yang pernah kita raih, kita bisa menggunakan poin-poin, angka, atau presentasi agar terlihat lebih menonjol.

c.  Maksimalkan batas jumlah karakter (huruf dan/tanda baca) pada tulisan  deskripsi diri PPPK Guru sebanyak 3.000 karakter.

d. Gunakan teknik penulisan copywriting yang menarik untuk menulis deskripsi diri PPPK Guru 2022.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini