10 Jenis Rokok di Indonesia, Nomor 3 Rokok Tradisional Khas Nusantara

Thia Rahmani/Rivo
Sudah sejak abad ke-19 jenis rokok di indonesia mulai diproduksi. Meskipun banyak sekali masalah yang menghantui bagi kesehatan pengggunanya, rokok tidak pernah kehilangan peminatnya.Foto: Update Times

Jenis Rokok Berdasarkan Penggunaan Filter 

7. Rokok Filter
Rokok Filter merupakan rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat busa atau gabus untuk dihisap.

8. Rokok Non Filter
Rokok Non Filter yaitu rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat busa atau gabus.

Jenis Rokok Berdasarkan Proses Pembuatannya 

9. Sigaret Kretek Tangan (SKT)
Yang pertama akan kita bahas berdasarkan proses pembuatannya yaitu Sigaret Kretek Tangan (SKT) dimana proses pembuatan rokok ini dengan dilinting atau cara digiling menggunakan tangan atau bisa juga dengan alat bantu sederhana. Proses pembuatan rokok ini masih terbilang manual dengan yang mana mengggunakan tenaga manusia.

10. Sigaret Kretek Mesin (SKM)
Selanjutnya rokok berdasarkan proses pembuatannya selain menggunakan tangan, ada juga dengan mesin atau dikenal Sigaret Kretek Mesin (SKM). Sekarang mesin pembuat rokok dapat menghasilkan produksi rokok sebanyak enam ribu sampai delapan ribu batang rokok dengan waktu per menit nya. Mesin pembuat rokok ini, biasanya dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sekaligus jadi keluaran yang dihasilkan tidak hanya berupa rokok batangan melainkan sudah dalam bentuk pak.

Sigaret Kretek Mesin ini dapat dikategorikan ke dalam dua jenis: Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF) ialah rokok yang proses pembuatannya ditambahkan dengan aroma rasa yang memiliki khas tersendiri. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM) adalah rokok yang menggunakan kandungan nikotin dan tar yang rendah.

Itulah perbedaan jenis rokok di Indonesia yang bisa kalian ketahui, jangan lupa baca juga berita lainnya yang bisa bermanfaat untuk kalian.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network