get app
inews
Aa Read Next : Bejat, Ayah Cabuli Putri Kandung hingga Punya 2 Anak

Fenomena Porang di NTT: Petani Kaya Raya, Pembeli Datang Langsung dengan Koper Isi Uang Miliaran

Rabu, 07 Agustus 2024 | 13:40 WIB
header img
Berkat inisiatif seorang Imam Katolik Romo Bernard Paulus, Pr, tanaman porang yang awalnya dianggap sepele kini menjadi sumber penghasilan utama bagi ratusan petani di Desa Gunung Baru, Manggarai Timur, NTT.Foto: Ireng Leleng

MANGGARAI TIMUR, iNewsTTU.id  - Berkat inisiatif seorang Imam Katolik Romo Bernard Paulus, Pr, tanaman porang yang awalnya dianggap sepele kini menjadi sumber penghasilan utama bagi ratusan petani di Desa Gunung Baru, Manggarai Timur, NTT.

Dengan semangat gotong royong, mereka berhasil mengubah lahan tidur menjadi ladang uang. Panen perdana porang menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan, membuktikan bahwa iman dan usaha keras dapat membawa perubahan nyata.

Sementara hasil panen porang di daerah ini sungguh menggembirakan. Petani berhasil mengumpulkan ribuan ton umbi porang berkualitas. Kelompok Tani Abdi Kasih di Desa Gunung Baru bahkan berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dari hasil jerih payah mereka.

Keberhasilan ini berkat harga jual porang yang cukup tinggi, mencapai Rp9.000 per kilogram. Para petani langsung menjual hasil panen mereka kepada investor yang datang langsung ke lokasi perkebunan.

"Hari ini kami lakukan panen perdana tanaman porang. Hasilnya sekira 800-1.000 ton dengan luas lahan sekira 6 hektare. Jadi investor atau pembeli ini datang bawa dengan uang pakai koper dan langsung transaksi di kebun," ujar Agustinus Adil, Selasa (6/8/2024).

Melihat peluang emas dari tanaman porang, Rara dan 40 petani di Kelompok Abdi Kasih sepakat untuk menggarap lahan kosong mereka dengan menanam porang.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut