get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Periksa Patok Negara, Jamin Kedaulatan NKRI

Ratusan Pelari Dukung Jelajah Timur 2023 demi Alirkan Air Bersih di NTT

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 06:22 WIB
header img
Para peserta lari amal Ultra Marathon Jelajah Timur yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2023, dengan jarak tempuh 108 KM dengan rute SoE - Kupang. Foto : Ist

SOE,iNewsTTU.id– Di tahun kelima penyelenggaraannya, kegiatan lari amal Ultra Marathon Jelajah Timur akan dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2023, dengan jarak tempuh 108 KM dengan rute SoE - Kupang. Lebih dari 80 pelari ultra marathon telah terpilih dan siap berlari demi menggalang dana untuk mewujudkan pengadaan air bersih di tiga desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Akses terhadap air bersih menjadi permasalahan yang berdampak bagi perempuan dan anak perempuan yang memiliki beban tanggung jawab lebih banyak dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk keluarganya dengan berjalan sangat jauh. Hal ini diperburuk dengan adanya kekeringan berkepanjangan di NTT yang menyebabkan krisis air. Data dari pemerintah provinsi NTT pada tahun 2019 menunjukan bahwa 27,5% keluarga tidak memiliki akses ke air bersih.

Linda Sukandar, Direktur Resources and Mobilisation Plan Indonesia, mengungkapkan, “Beban yang dipikul oleh perempuan dan anak perempuan ini mengakibatkan tenaga dan waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan belajar habis untuk mengambil air. Sulitnya akses terhadap air bersih juga berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat dan serta proses tumbuh kembang anak, bahkan berpotensi menyebabkan stunting. Mengingat stunting di NTT adalah yang tertinggi di Indonesia.”

Demi mengatasi permasalah ini, Plan Indonesia telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 milyar rupiah untuk membantu tiga desa di Kabupaten TTS, dua minggu lebih awal dari tahun sebelumnya. Setelah mengadakan kampanye ini selama empat tahun, Plan Indonesia sudah berhasil menyalurkan bantuan demi pemenuhan air bersih sebesar 6,1 milyar yang berdampak terhadap lebih dari 13 ribu jiwa dan tiga ribu keluarga di 13 desa di NTT.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut