get app
inews
Aa Read Next : Marthen Dira Tome Intens Jajaki Kerjasama dengan Pemodal untuk Investasi di Sabu Raijua

DP3A Goes To School di SMK Negeri 2 Kupang

Rabu, 06 September 2023 | 08:23 WIB
header img
DP3A Goes To School dilaksanakan dengan maksud membangun komitmen, pemahaman dan koordinasi secara kolaboratif dan terintegrasi terkait upaya pemenuhan hak anak. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

KUPANG,iNewsTTU.id- Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak ( DP3A) Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar sosialisasi dan edukasi , Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus, Pemenangan dan Pelayanan Kasus Kekerasan Terhadap  Anak dan Persiapan Masa Depan. kegiatan ini berlangsung di aula SMK Negeri 2 Kupang, Rabu ( 5/9/2023).

Ketua panitia yang juga Kepala Bidang Perlindungan Khusus Anak ( DP3A ) Provinsi NTT France Tiran dalam laporannya mengatakan kegiatan DP3A Goes To School ini dilaksanakan dengan maksud membangun komitmen, pemahaman dan koordinasi secara kolaboratif dan terintegrasi terkait upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

Serta tujuannya ialah membangun pemahaman dan komitmen tentang “Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK), Penanganan dan Pelayanan berbagai Kasus Kekerasan terhadap anak dan Penyiapan dan Penataan Masa Depan Anak.

Kepala Dinas DP3A Provinsi NTT, drg. Iien Adriyani, mengatakan kegiatan ini diprakarsai oleh DP3A Provinsi NTT ini, sangatlah penting sebagai media untuk kita berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dalam memberi perhatian dan dukungan sebagai upaya preventif untuk bagaimana menyiapkan anak-anak sebagai generasi Emas Indonesia, dimana aspek pemenuhan hak dan perlindungan anak-anak harus terjamin dari berbagai bentuk kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum dan kasus-kasus anak lainnya.

" Anak-anak sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang harus bisa bertumbuh dan berkembang untuk memiliki masa depan yang cerah, dan kelak menjadi generasi Indonesia yang sehat, cerdas, kreatif, tangguh, mandiri, berkualitas dan berkarakter unggul," Ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kupang, Welem A. Kana mengatakan instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta sekolah perlu membangun kolaborasi  yang baik dan efektif guna melindungi hak anak demi masa depan anak- anak.

" Kita perlu melakukan kolaborasi yang efektif untuk tindakan-tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat terhadap kekerasan yang dialami oleh anak, agar hak dan perlindungannya terpenuhi," Tambahnya.

DP3A Goes To School ini merupakan inisiasi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Forum Anak Provinsi NTT dan didukung penuh oleh Kantor Cabang Utama Bank NTT

Kegiatan DP3A Goes to School dilaksanakan mulai hari ini, Rabu 6 September 2023 dimulai di SMK Negeri 2 Kota Kupang, Hari Kedua, Kamis, 7 September 2023 di SMA Negeri 5 Kota Kupang dan Hari Ketiga, Jumat, 8 September 2023 di SLB Kota Raja Kota Kupang. (*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut