get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Lebih Dekat Keistimewaan dan Keunikan Suku Penan di Borneo

Simak Kehidupan Suku Bajo Tira-Tira, Manusia Laut Asli seperti di Dunia Avatar

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:15 WIB
header img
Mengintip Kehidupan Suku Bajo Tira-Tira (Foto: Instagram@Indoflashlight)

Asal usul suku Bajo ini dari Kepulauan Sulu Filipina dengan nama Suku Bajau atau Suku Sama. Di Indonesia Suku Bajo ada di beberapa daerah sekitaran pesisir Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Kalimantan Timur. Di Pulau Buton, suku Bajo terbagi di beberapa wilayah, di antaranya Bajo Lawele, Bajo Tira, Bajo Kanawa, Bajo matanawee, Bajo Bahari.

"Film Avatar terinspirasi dari Suku Bajo Tira-tira, Buton, Sulawesi Tenggara. Suku Bajo ini telah lama dikenal sebagai orang laut yang andal karena mereka hidup di atas hamparan perairan. Menyelam, berenang, hingga mengayuh sampan adalah aktivitas harian yang akan kita temukan dengan mudah jika kita berkunjung di tempat tinggal suku Bajo," tulis Instagram@indoflashlight.

Suku Bajo dikenal sebagai 'Sea Gipsy' atau 'Orang Laut'. Sebab kehidupan kesehariannya menyatu dengan laut. Sebagian rumah masyarakat suku Bajo itu terbuat dari kayu rakitan dengan rantai bambu dan beratap seng serta daun kelapa. Rumah tersebut berdiri kokoh di atas air dengan tiang-tiang yang tertancap di laut. Bahkan yang menarik, sejak kecil anak-anak suku Bajo sudah dikenalkan dengan laut. Laut jadi tempat mereka bermain bersama teman-temannya. Saat bayi pun anak-anak suku Bajo sudah dibawa ke laut untuk didoakan agar kelak bisa jadi pelaut yang hebat.

Mata pencaharian suku Bajo

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut