get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Lebih Dekat Keistimewaan dan Keunikan Suku Penan di Borneo

Simak Kehidupan Suku Bajo Tira-Tira, Manusia Laut Asli seperti di Dunia Avatar

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:15 WIB
header img
Mengintip Kehidupan Suku Bajo Tira-Tira (Foto: Instagram@Indoflashlight)

 

JAKARTA, iNewsTTU.id- Siapa tak kenal Provinsi Sulawesi Tenggara?

Di Provinsi ini, ada salah satu suku yang unik, suku ini adalah Bajo Tira-tira.

Kehidupan Suku Bajo Tira-Tira di Sulawesi Tenggara memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Ya, masyarakat yang tinggal di sana dijuluki sebagai manusia laut layaknya di film avatar.

Anda bisa melihat kehidupan di dunia avatar yang asli di Sulawesi Tenggara. Ya, seperti diketahui, film Avatar 2 The Way of Water belakangan menjadi perbincangan. Salah satunya adalah karena cerita di film ini terinspirasi dari kehidupan suku Bajo Tira-Tira di Buton, Sulawesi Tenggara yang lahir dan hidup di laut.

Dilansir dari kanal YouTube National Geographic, James Cameron mengungkapkan, dirinya pernah bercita-cita menjadi seorang penyelam. Dia ingin menikmati seluruh keindahan bawah laut. Lewat film Avatar ini, dia bisa menuangkan hasrat terpendamnya sebagai seorang yang mencintai keindahan laut.

Masyarakat suku Bajo merupakan perenang andal dan dikenal sebagai manusia 'Gipsy Sea'. Hal itu membuat sang sutradara film Avatar The Way of Water, James Cameron, menjadikan suku tersebut inspirasi di film itu.

"Ada orang Indonesia tinggal di rumah panggung yang dirakit. Kami melihat hal itu, ada juga beberapa desa yang tinggal di pesisir menggunakan arsitektur dari pohon-pohon lokal," ujar James.

Lantas, bagaimana yah kehidupan masyarakat suku Bajo Tira-Tira di Buton yang mirip seperti di dunia Avatar? Berikut rangkuman fakta menariknya, Kamis (2/2/2023).


Asal usul suku Bajo

Usai ramai diperbincangkan karena menjadi inspirasi film Avatar 2, banyak orang yang penasaran dengan suku Bajo. Suku Bajo ini merupakan etnis di Indonesia yang memiliki karakteristik kemaritiman cukup kental.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut