get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Kardinal Paul Josef Cordes Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Pesan Terakhir Paus Benediktus XVI Sebelum Menghembuskan Nafas: Tuhan, Aku MencintaiMu!

Senin, 02 Januari 2023 | 20:01 WIB
header img
Kata-kata terakhir mendiang Paus Benediktus XVI (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Mantan Sekretaris Paus Emeritus Benediktus XVI, Uskup Agung Gänswein menceritakan kata-kata terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI yang diucapkan pada malam hari beberapa jam sebelum dia meninggal.

Dilansir Vatican News, kata-kata terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI terdengar di tengah malam oleh seorang perawat. Saat itu sekitar jam 3 pagi tanggal 31 Desember, beberapa jam sebelum dia meninggal.

Paus bernama asli Joseph Ratzinger sebelum memasuki saat-saat terakhirnya, dan pada saat itu kolaborator dan asistennya bergantian dalam perawatannya. Bersamanya pada saat itu hanya ada satu perawat yang tidak bisa berbahasa Jerman.

Uskup Agung Georg Gänswein, menceritakan, hanya dengan bisikan suara, tetapi dengan cara yang dapat dibedakan dengan jelas, berkata dalam bahasa Italia: Tuhan, Aku mencintaiMu!

"Saya tidak ada di sana saat itu, tetapi perawat memberi tahu saya tentang hal itu tidak lama kemudian. Ini adalah kata-kata terakhirnya yang dapat dipahami, karena setelah itu dia tidak lagi dapat mengekspresikan dirinya," ujarnya.

Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal pada pukul 09:34 pada Sabtu pagi (31/12/2022), di kediamannya di Biara Mater Ecclesiae, yang telah dipilih oleh Paus ke-265 dalam Gereja Katolik berusia 95 tahun itu sebagai kediamannya setelah mengundurkan diri pada tahun 2013 dengan alasan telah lanjut usia dan sakit.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut