get app
inews
Aa Read Next : Koordinator Komunitas Sto. Tomas Jakarta Sumbangkan 100 Paket Sembako di Dusun Banopo

Kemenkes RI Survei Migrasi Malaria Pada Warga Pengunjung Pasar Haekto NTT

Sabtu, 16 Juli 2022 | 08:58 WIB
header img
Petugas Kemenkes RI survey Migrasi penyakit Malaria pada masyarakat di Pasar Haekto, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Foto:iNewsTTU.id/Sefnat

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Masyarakat pengunjung di Pasar Haekto, Kecamatan Noemuti Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT menjadi sasaran Survey Tim Kementrian Kesehatan RI mengenai Migrasi penyakit Malaria belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut Kemenkes menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara, Dinas Kesehatan Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTT. Tujuannya menuju Eliminasi Malaria 2023 Kabupaten TTU.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan TTU, Robertus Tceunfin, S.Kep. NS. M. Kes melalui kepala seksi pemberantasan penyakit menular di Dinas Kesehatan TTU, DolFulton Nenat mengatakan, survei migrasi dilakukan di pasar Haekto karena ada kasus malaria di sana.

“Investigasi kita beberapa bulan yang lalu, di pasar ini (Haekto-Red) ditemukan penderita malaria yang rumahnya radius 40 meter dari lokasi pasar yang disinyalir terjadi migrasi parasit di pasar Haekto yang melibatkan pedagang dari Kabupaten TTS dan Kabupaten Malaka,"ujarnya.

Fulton mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan survei migrasi di pasar Haekto, pihaknya berkolaborasi dengan WHO yang diwakili Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Propinsi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTT.

“Kegiatan ini kita libatkan beberapa elemen yaitu WHO yang diwakili Kemenkes RI, Dinas Kesehatan propinsi dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTT,”ujarnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut