Dinas PPPA NTT Gelar Kegiatan Bimtek dan Launching Sekolah Ramah Anak serta Pelatihan Swipe Safe

Emi Maunmuti/Rudy Rihi
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT serta Childfund gelar Kegiatan Bimtek, Launching Sekolah Ramah Anak dan Pelatihan Swipe Safe. Foto : Ist

Sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk tumbuh dan berkembang selain lingkungan keluarga dan lingkungan bermainnya. Pada kenyataannya anak sekolah di lingkungan sekolahnya saat ini sangat rentan mengalami kekerasan dan bullying.

Akhir-akhir ini banyak isu tentang kekerasan anak yang justru dialami di sekolah, Kekerasan anak di sekolah bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah perbuatan bully yang sudah dianggap biasa di kalangan murid di sekolah dan tanpa teguran peringatan dari pihak sekolah (guru, kepsek), peraturan dari dinas terkait tentang Stop Bullying belum sepenuhnya dijalankan di lingkungan sekolah, rasa senioritas di kalangan murid, paradigma lama tentang disiplin sehingga dapat dikatakan bahwa lingkungan sekolah belum mencerrninkan lingkungan yang terbaik untuk belajar anak.

Undang- undang No 35 tahun 2014 tentang tentang Perubahan atas UndangUndang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak telah mengamanatkan dalam pasal 54 yang berbunyi "Anak di dalam dan di lingkungan satuan pendidikan wajib mendapatkan perlindungan dari tindakan kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksuasl, dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik dan atau pihak lainnya". Mengacu pada UU tersebut dan melihat trend kekerasan anak di sekolah yang terus meningkat dari hari ke hari dan juga dari jumlah dan jenisnya maka perlu adanya semacam kebijakan yang sifatnya mengikat. Kebijakan Perlindungan Anak di Sekolah bisa dijadikan sebagai media untuk mengurangi kekerasan anak di sekolah.



Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network