get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Masyarakat Ini Memilih Netral untuk Pilkada Sabu Raijua

Ritual Hole, Tradisi yang sedang Dinantikan Warga Sabu Raijua NTT

Kamis, 02 Mei 2024 | 10:51 WIB
header img
Warga Sabu Raijua NTT sedang mengikuti ritual adat tahunan bernama Hole. Foto: iNewsTTU/Dedy

SABU RAIJUA, iNewsTTU.id-- Saat ini masyarakat adat di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, (NTT) sementara melaksanakan ritual adat sesuai penanggalan kalender adatnya dan kali ini ritual "HOLE" lagi dilaksanakan. Tradisi Hole sendiri merupakan tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun.

Disaksikan iNews.id, masyarakat adat di kecamatan Liae kabupaten sabu raijua kemarin (rabu 1 Mei 2024-Red) juga turut melaksanakan kegiatan tersebut yang dihadiri ribuan masyarakat untuk menyaksikan jalannya acara adat tahunan tersebut.

Dina Lado Salah satu warga yang di wawancarai katakan masyarakat sabu raijua pada prinsipnya sangat menantikan kegiatan adat seperti hole kali ini. Sebab sejak lahir kata dia, orang sabu raijua telah terbiasa dengan adat sehingga dapat dipastikan semua masyarakat tentu menyambut gembira. 


Dina Lado, warga Sabu Raijua, NTT

 

"Kami masyarakat sangat senang dan pasti ikut saksikan semua acara adat karena sejak lahir kita orang sabu sudah terbiasa dengan adat" Kata Dina

Dia juga ungkapkan bahwa meskipun Pemerintah Daerah Kabupaten Sabu Raijua membuat semua kegiatan keramaian seperti festival, masyarakat sabu raijua tidak akan peduli karena pagelaran budaya yang tetap akan menjadi prioritas.

"Pemda mau buat kegiatan apapun atau seperti festival yang sementara mereka buat ini, kami tidak terlalu suka karena itu kegiatan tidak ada nilai budaya sedangkan masyarakat sabu ini orang berbudaya yang sejak sebelum lahir juga, sudah ada itu budaya jadi sudah pasti kami lebih pilih kegiatan adat" Ungkapnya

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut