get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Begini Cara TNI Perbatasan Pupuk Jiwa Patriotisme kepada Siswa SD dan SMP

Senin, 13 November 2023 | 15:05 WIB
header img
Begini Cara TNI Perbatasan Pupuk Jiwa Patriotisme kepada Siswa di Sekolah Perbatasan RI-RDTL. Foto ist

Kefamenanu, iNewsTTU.id- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2023, Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6/NK Pos Nelu menyelenggarakan kegiatan Pameran Stand. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Danpos Nelu, Letda Kav Ari Nugraha Ritonga, S. Tr(Han), bersama 10 anggota pos lainnya. Pameran Stand dilaksanakan di SD Negeri Sunbaki dan SMP Negeri Sunbaki, dihadiri oleh sekitar seratus siswa dari kedua sekolah tersebut.

Pameran Stand ini menampilkan display statis berupa alutsista dan perlengkapan militer milik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/NK, termasuk senapan, pistol, rompi, helm, topi, senter militer, kompas, GPS, dan perlengkapan lainnya. 

"Tak hanya itu, personel Pos Nelu juga berpartisipasi dalam cosplay seragam dinas militer sehari-hari, memberikan pengetahuan tentang senjata, dan mengajarkan sikap dalam menembak kepada para siswa,"Letda Kav Ari Nugraha Ritonga.

Ia menambahkan, Kegiatan ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek militer semata, melainkan juga mengedepankan nilai-nilai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

" Sejalan dengan tema Hari Pahlawan, kegiatan ini bertujuan memupuk jiwa patriotisme pada para siswa, agar memiliki semangat bela negara melalui pendidikan,"tambahnya. 

Bapak Yohanes Toleu, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri Sunbaki, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pos Nelu atas partisipasinya dalam peringatan Hari Pahlawan di sekolah tersebut. 

Ia berharap kegiatan semacam ini dapat diulang oleh personel TNI AD, karena mampu memotivasi dan meningkatkan semangat belajar para siswa. 

"Kami sangat bersyukur kepada rekan-rekan TNI AD yang telah berpartisipasi dalam kegiatan yang sangat edukatif ini. Semoga kegiatan ini dapat kita laksanakan lagi di lain kesempatan," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri Sunbaki.

Tak hanya Pameran Stand, kegiatan kuis dan tanya jawab seputar sejarah Indonesia dan wawasan kebangsaan juga diadakan oleh Danpos Nelu. 

Siswa yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan reward berupa cokelat maupun buku tulis, meningkatkan antusiasme dan kegembiraan siswa dalam mengikuti kegiatan ini.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut