get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Simak Partai dengan Bacaleg Mantan Koruptor Terbanyak di Kabupaten TTU

Senin, 02 Oktober 2023 | 19:48 WIB
header img
Mantan Koruptor maju caleg (Foto: Istimewa).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Dalam mengikuti perkembangan terkini, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menjadi sorotan terkait dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang melarang mantan narapidana (napi) yang terjerat kasus korupsi untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg) di semua tingkatan, termasuk DPRD kabupaten, Provinsi, dan caleg DPR RI.

Putusan MA ini merupakan hasil dari uji materi terhadap Pasal 11 ayat 6 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 tahun 2023 dan Pasal 18 ayat 2 PKPU Nomor 11 tahun 2023.

Seiring dengan putusan ini, Ketua KPU Kabupaten TTU, Yohanes B. D. Saleh Funan, mengakui adanya tiga orang calon legislatif (bacaleg) yang memiliki status sebagai mantan narapidana dalam kasus korupsi di Kabupaten TTU.

Dua di antaranya berasal dari Partai Demokrat, yaitu Eduardus Tanesib (bacaleg dapil TTU III) dan Theodorus Totnay (bacaleg dapil TTU IV). Sementara satu lagi, Godi Usolin (bacaleg dapil TTU III), berasal dari Partai Ummat.

"Ada 3 orang (bacaleg eks napi koruptor). Dua orang di Partai Demokrat diantaranya Eduardus Tanesib dari dapil TTU III dan Theodorus Totnay dari dapil TTU IV" ujar Yohanes kepada awak media pada Senin, (02/10/2023).

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut