get app
inews
Aa Read Next : Marciana Djone Serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Tenun Ikat Fehan Malaka

Berwisata Menikmati Keindahan Bukit Teletubies dan Batu Basusun Lelogama, Surga Tersembunyi di NTT

Minggu, 14 Mei 2023 | 17:46 WIB
header img
Para Pengunjung berkemah di Bukit Teletubies Lelogama. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi

KUPANG, iNewsTTU.id-Kabupaten Kupang dalam beberapa waktu belakangan ini mulai viral di media sosial, viralnya apalagi kalau bukan keindahan bukit ala film Teletubies. Tim iNews.id yang penasaran lalu mulai tertarik untuk menapaki dan merasakan langsung sensasi keindahan panorama alam di bukit ini.

Bukit Teletubies Lelogama ini lokasinya di daerah Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, berjarak kira kira 110 km dari kota kupang, yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

Perjalanan ke Lelogama bisa dibilang lancar, jalannya sudah diaspal dengan mulus namun berkelak kelok, naik turun dan di beberapa titik tanjakannya lumayan curam plus membentuk huruf S berkali kali, Jadi para pengendara roda dua maupun roda empat harus berhati- hati plus memperhatikan kondisi kendaraan mereka agar prima saat dikendarai.

Untuk menuju lokasi ini, kita harus menuju Takari lalu sebelum SPBU Takari kita berbelok ke sebelah kiri jika dari arah Kota Kupang, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam khas pegunungan yang indah.

Saat kita masuk kawasan lokasi Bukit Teletubies kita akan disambut hamparan area Hutan Ampupu, ya kira kira sekitar 4 kilometer sebelum tujuan utama. Mirip seperti pemandangan di Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan.



Kalau kalian kesini naik mobil, pastikan ya kaca jendelanya dibuka, biar kita bisa merasakan segarnya angin surga lelogama, heuheuheu. 

Dari hutan Ampupu tersebut kita tinggal melanjutkan perjalanan sekitar satu setengah kilometer melewati jalan aspal mulus hingga bertemu pertigaan, kalau ke kiri nanti akan sampai ke objek wisata Air Terjun Batu Basusun, sedangkan yang arah kanan akan menuju pasar lelogama, bukit Teletubies dan paling ujung ada Gunung Timau dengan proyek Observatoriumnya yang sedang proses pembangunan.

Saat sampai di bukit Teletubies ini suasana di atas sangat ramai dengan pengunjung yang berkemah atau datang sekedar berfoto sambil menikmati suasana pemandangan pegunungan yang sangat indah.

Sandro, salah seorang pengunjung mengaku sangat senang dapat berkunjung sambil berkemah di lokasi bukit teletubies, bahkan ia bersama temannya rela datang dari Kota Kupang sejak jam 4 subuh, Minggu ( 14/05/2023) agar dapat menikmati suasana sunrise atau matahari terbit di lokasi ini, bahkan ia berencana untuk berkemah satu malam di lokasi ini.



" Lokasinya sangat indah kak, sebanding dengan usaha kita yang jalan subuh sejak pukul empat pagi, pemandangan alam pegunungan dan sejuknya udara menjadi hal yang luar biasa, saya juga berkemah hari ini di sini dan pulang besok pagi, ( Senin, 15/5/2023_red) untuk menikmati alam ciptaan Tuhan yang luar biasa indah ini," Ujarnya.

Sebagian besar pengunjung di padang sabana bukit Teletubies ini ada yang berkemah, berfoto ria baik itu foto selfie maupun beramai- ramai, belum lagi yang asyik bermain tiktok, sambil menikmati hijaunya alam pegunungan.


Keindahan Batu Basusun Lelogama, para pengunjung dapat menikmati perpaduan batuan alam dengan sejuknya air sungai. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi


Tidak jauh dari Bukit Teletubies, salah satu obyek wisata yang harus anda kunjungi juga ialah objek wisata Batu Basusun terletak di Desa Leloboko, Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang. Nama Batu Basusun atau biasa dikenal masyarakat sekitar dengan nama Kali Aknapa ini memiliki keindahan yang asri, berjarak tempuh ± 1 Km dari bukit Teletubies berada.


Untuk sampai kelokasi ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, akses jalan menuju lokasi yang cukup baik, hanya saat memasuki lokasi Batu Basusun jalannya agak sedikit rusak karena tergerus air.

Saat memasuki obyek Wisata Batu susun kita akan dikenakan karcis Rp.5000 per orang oleh warga sekitar saat kita memakirkan kendaraan kita, dan untuk menuju lokasi ini kita harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari dari pinggir jalan menuruni lereng menuju sungai dimana objek ini berada.

Batu Basusun memiliki keunikan tersendiri karena obyek wisata ini menyajikan pemandangan alam yakni pepohonan, sungai, dan bebatuan. Objek ini memiliki Keunikan yang terpadu indah antara air terjun dan bentuk susunan bebatuan alam yang tersusun rapi, mulai dari ketinggian 5 meter hingga 20 meter. Nah anda penasaran, mari datang ke Lelogama dan nikmati keindahan alamnya.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut