get app
inews
Aa Read Next : Warga Binaan Lapas di NTT Tetap Terlibat dalam Pemilu 2024

Kalapas dan Warga Binaan Lapas Kelas II B Kalabahi Alor Panen Hasil Bumi

Jum'at, 09 September 2022 | 14:01 WIB
header img
Kalapas beserta staff dan warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi saat melakukan panen jagung di lahan Lapas, Jumat ( 09/09/2022). Foto: iNewsTTU.id/Rudi


KUPANG, iNews.TTU.id--Kalapas Kelas IIB Kalabahi Alor, Wawan Irawan beserta jajaran Lapas dan warga binaan melakukan panen perdana sejumlah holtikultura yang di tanam di area Lapas, pada Jumat ( 09/09/2022).

Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Bupati Alor, yakni Alor Kenyang, Alor Sehat, dan Alor Pintar. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Wawan Irawan didampingi Kasi Administràsi Kamtib, Abdulmanan Samah, Kasubsi Kegiatan Kerja Abdurrahman Haryono dan Staf Kegiatan Kerja serta dibantu warga binaan memanen jagung pulut di lahan pertanian Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) yang terletak di Kadelang Kabupaten Alor.

“Hari ini kami melakukan panen jagung sebagai bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah daerah, kami menggerakan warga binaan untuk menanam jagung pulut di area lahan pertanian SAE seluas 1/4 hektar dari 1.5 hektar yang tersedia. Dan hari ini tepat usia 65 hari, kami panen jagung ini. Jadi, 3/4 hektarnya kami pakai untuk menanam sayur mayur dan lain-lain,” jelas Wawan.

Tidak hanya itu, Kalapas juga menyampaikan, hasil pemasaran jagung pulut ini, 15 persennya dipakai untuk menambah pembayaran PNBP, dan 35 % dipakai untuk modal selanjutnya dan 50% lainnya dipergunakan untuk kebutuhan para warga binaan.

" Jagung hasil panen hari ini kami pastikan kualitasnya bagus karena beberapa dari hasil penen tersebut kami jadikan tester, Rasanya manis dan lembut serta biji dan bulirnya lumayan besar, Semoga ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya ketahanan pangan di Kabupaten Alor,” kata Irawan.

Disamping itu, ia juga menjelaskan, dari 1, 5 hektar lahan pertanian di Kadelang yang dimiliki Lapas Kelas IIB Kalabahi digunakan untuk bercocok tanam dan sebagai Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan, dan dari lahan ini sudah banyak hasil yang diperoleh.

“Tidak hanya jagung yang dapat kami panen dari lahan pertanian ini, ada juga komoditi lain seperti sayur mayur, pepaya california, pisang, daun kelor dan kelapa juga dapat kami panen untuk dipasarkan, Hasilnya juga sudah lumayan banyak dan ini merupakan aset kami Lapas Kalabahi untuk membina narapidana dan menghasilkan,” tandas Wawan.

Diakhir penyampaiannya, Wawan Irawan berharap semoga lahan pertanian SAE Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat terus berkembang dan semakin bermanfaat bagi katahanan pangan masyarakat Kabupaten Alor.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut