Tahukah Anda, Danau Terluas di Indonesia?

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

Danau ini memiliki gradasi warna air seperti pantai. Dari kejauhan terlihat warna air biru tua. Sedangkan bagian tepi berwarna biru kehijauan.

5. Danau Matano
Danau Matano tak hanya masuk ke dalam jajaran danau terluas di Indonesia, namun juga danau paling dalam di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau Matano memiliki kedalaman hingga 590 meter. Di tingkat dunia, danau ini merupakan danau terdalam ke-8.

Luas danau Matano kurang lebih 16.000 hektar. Sedangkan panjang danau sekitar 28 km dan lebarnya 8 km. Danau ini menjadi tempat wisata dan rumah untuk hewan-hewan langka, salah satunya ikan Butini (Glossogobius matanensis). Ikan Butini dianggap sebagai ikan purba dan langka oleh warga sekitar. Selain ikan Butini ada hewan air tawar seperti kepiting Bungka (Parathelphusa), dan keong air tawar (Botia).

6. Danau Singkarak 
Danau ini berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau Singkarak memiliki luas sekitar 107 km persegi dan memiliki kedalaman 268 meter. 

Danau Singkarak dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) selain itu danau ini juga sebagai tempat budidaya ikan dan pariwisata. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang membuat sebuah cekungan.

Danau yang berada di uruten keempat danau terdalam di Indonesia ini terkenal dengan ajang tour de singkarak, kejuaraan balap sepeda resmi persatuan balap sepeda Indonesia dan internasional. 

7. Danau Ranau
Danau terluas di Indonesia juga ada di Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Danau Ranau. Luas Danau Ranau sekitar 125,9 km persegi dan memiliki kedalaman maksimum 229 meter. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau ini berada di dua provinsi sekaligus, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya antara Kabupaten OKU Selatan, Sumsel dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung. 

Danau Ranau ini terbentuk akibat ledakan gunung berapi dan gempa yang mengakibatkan munculnya cekungan besar yang membentuk danau. 

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network