Tahukah Anda, Danau Terluas di Indonesia?

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

Banyak objek wisata di sekitar danau ini, selain dapat menikmati indahnya pemandangan alam Gunung Seminung dan birunya air danau juga ada tempat wisata lainnya seperti Pulau Mariza di tengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang dan air terjun Subik Tuha. 

Masyarakat setempat percaya mandi di tempat ini bisa menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Selain pemandangan alam, juga dapat dilihat hamparan sawah yang luas dan menghijau serta kebun kopi milik rakyat. 

Untuk menuju pulau tersebut tersedia transportasi berupa perahu motor melalui Dermaga Banding Agung atau Dermaga PT. Pusri dengan harga tiket yang terjangkau.

Sama halnya dengan Tour de Singkarak, di Danau Ranau juga terdapat ajang kejuaran balap sepeda bergengsi Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF). Hajatan olahraga sekaligus pariwisata ini digelar di penghujung tahun dalam empat tahun terakhir. 

8. Danau Maninjau 
Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini masuk dalam daftar danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 99,5 km persegi dan kedalaman 165 meter. 

Terbentuknya danau ini berasal dari letusan Gunung Sitinjau yang terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Letusan membentuk cekungan yang berubah menjadi danau.

9. Danau Sentani 
Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Sentani di Kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. Luas danau ini mencapai 9.360 hektare dengan kedalaman 70 meter. Danau ini merupakan alternatif wisata yang ada di Papua selain Raja Ampat.

Selain menjadi tempat wisata, danau ini menjadi tempat festival budaya yang digelar setahun sekali. Festival ini menggelar kesenian dan kebudayaan masyarakat setempat, seperti tari Perang khas Papua, Tarian Isosolo, dan upacara adat.

10. Danau Paniai
Danau Paniai merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. Danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua ini memiliki luas sekitar 195 km persegi dan kedalaman 50 meter. 

Danau Paniai menjadi tempat wisata di area sekitar. Anda bisa menikmati penyewaan perahu dan alat memancing di sekitar danau.

11. Danau Sentarum 
Danau terluas di Indonesia berikutnya yakni Sentarum. Danau di Kalimantan Barat ini memiliki kedalaman 7 meter dan luas sekitar 275 meter persegi. Danau menyandang status Taman Nasional Danau Sentarum. 

12. Danau Habema
Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Habema di Kabupaten Mimika, Papua. Danau ini memiliki luas 224 hektare yang berada di dataran tinggi tepatnya di atas gunung Trikora, Papua. 

Tak heran jika Danau Habaema disebut sebagai danau tertinggi karena berada di atas ketinggian 3.300 meter dpl.

13. Ranu Kumbolo
Danau Ranu Kumbolo di kawasan wisata Gunung Briomo-Semeru, Jawa Timur masuk dalam jajaran danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas 12 hektare.

Ranu Kumbolo memiliki cerita mistis terkait seorang dewi yang ada di dalam danau tersebut. Dia konon suka menampakkan diri di tengah danau. Biasanya kehadiran sang dewi selalu diiringi dengan gumpalan kabut putih.

Selain kisah dewi yang menjaga danau tersebut, terdapat cerita adanya pocong yang kerap menampakkan diri. Pocong tersebut suka menakuti para pendaki.

Tak heran Ranu Kumbolo masuk daftar danau di atas gunung paling angker di Indonesia.

14. Danau Tiga Warna
Danau terluas di Indonesia lainnya ada Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki luas 1.050.000 meter persegi.

Warna danau ini diketahui sering berubah-ubah. Masyarakat setempat percaya setiap warna yang muncul di danau tersebut dihuni oleh roh orang meninggal.

15. Danau Segara Anak
Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak ini memiliki luas 11,3 km persegi ini kabarnya memiliki sosok jin penunggu. 

Konon, di sekitar danau terdapat gua yang tidak boleh dijelajahi oleh pendaki demi keselamatan.

16. Danau Ciharus
Danau terluas di Indonesia terakhir yakni Danau Ciharus di Gunung Rakutak, Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat. Dana dijuluki kembaran Ranu Kumbolo ini memiliki luas 163 hektare atau 163,5 km persegi.

Konon, ada beberapa jin yang kerap menampakkan diri kepada pengunjung tertentu. Biasanya makhluk halus akan menampakkan diri kepada orang yang melakukan perbuatan tidak baik.

Itu dia pembahasan mengenai danau terluas di Indonesia. Semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan kalian ya. 

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network