Tahukah Anda, Danau Terluas di Indonesia?

Reza Rizki Saputra
Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. (foto: Instagram/@Tobasamosir)

Danau Toba memiliki panorama alam yang indah. Danau ini benar-benar sangat luas, bahkan bukit di seberang sampai tak terlihat. Salah satu spot menarik untuk menikmati pesona Danau Toba adalah dari kawasan Huta Ginjang. Huta Ginjang merupakan Desa di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. 

Dalam bahasa Batak Huta Ginjang artinya perkampungan di atas. Dari titik ketinggian Huta Ginjang, kalian dapat menyaksikan hamparan Danau Toba serta perbukitan hijau yang mengelilinginya. Air danau biru yang tenang berpadu dengan langit biru yang diriaki awan menjadi pemandangan menakjubkan.

2. Danau Towuti
Danau terluas di Indonesia lainnya yakni Danau Towuti. Danau iini terbentuk karena pergeseran lempeng tektonik. Pergeseran lempeng ini membentuk danau terbesar kedua di Indonesia. Danau Towuti berada di Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Luas danau kurang lebih 561 km persegi. Kedalaman danau mencapai 203 meter. Danau ini digunakan sebagai tempat wisata dan tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

3. Danau Tempe 
Danau Tempe merupakan danau yang berlokasi di Sulawesi Selatan dengan luas kurang lebih 350 kilometer persegi. Danau ini dipercaya sebagai teluk yang memisahkan Toraja dengan Sulawesi Selatan. Kehidupan di sekitar danau ini masih sangat tradisional dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar dengan mencari ikan.

4. Danau Poso
Danau Poso berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau ini terbentuk sekitar 12 sampai 16 juta tahun yang lalu karena terbentuk pergeseran lempeng tektonik. Panjang danau ini kurang lebih 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan sekitar 323 km persegi. 

Danau ini berada di ketinggian 657 mdpl di atas permukaan laut. Uniknya, danau ini memiliki pasir putih seperti pantai dan gelombang air seperti air laut. 

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network