get app
inews
Aa Read Next : PKB Tetapkan Agustinus Siki Sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten TTU Periode 2024-2029

Opini: Membungkam Politik Identitas Menyuarakan Keadilan

Rabu, 25 September 2024 | 22:14 WIB
header img
Oswin Nule (Foto: Istimewa).

Michel Foucault menggambarkan politik identitas sebagai kekhasan dalam masyarakat modern. Dalam konteks Indonesia, perbedaan-perbedaan yang ada seharusnya dihargai dan dihormati dalam kerangka demokrasi. Political tolerance harus diterapkan untuk menciptakan interaksi yang harmonis dan mewujudkan nilai keadilan.

Penting untuk menghindari politik identitas agar keadilan bagi semua masyarakat dapat terwujud. Keadilan harus menjadi landasan dalam sistem politik demokrasi, sehingga kebaikan bersama dapat menjadi tujuan utama. Dalam masyarakat multikultural, kebaikan bersama harus diutamakan untuk menghindari perpecahan dan kecemburuan sosial yang berujung pada anarkisme.

Keadilan dalam politik adalah nilai dasar yang harus dijunjung tinggi untuk mencapai bonum commune (kebaikan bersama). Politik harus mengutamakan kepentingan umum agar terhindar dari dampak negatif politik identitas, yang cenderung mengutamakan kepentingan kelompok tertentu.

Kaum milenial memiliki peran penting dalam mengatasi persoalan politik identitas di Indonesia. Mereka harus berupaya menumbuhkan nilai-nilai keadilan yang selama ini terabaikan. Dengan menyuarakan keadilan, kaum milenial dapat berkontribusi pada terciptanya sistem demokrasi yang sehat, mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut