get app
inews
Aa Read Next : Ini Profil Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto asal Ponorogo

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores NTT Meletus, Warga Diminta Menjauh 4 Km dan Tak Panik

Minggu, 01 September 2024 | 11:41 WIB
header img
Gunung Lewotobi Laki Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini kembali erupsi, Minggu (1/9/2024). Foto: iNews TV/Joni Nura

JAKARTA, iNewsTTU.id - Gunung Lewotobi Laki-laki di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi lagi hari ini, Minggu (1/9/2024) pukul 06.10 WITA.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa kolom letusan kali ini mencapai sekitar 600 meter dari puncak Gunung Lewotobi Laki-laki.

"Telah terjadi erupsi di Gunung Lewotobi Laki-laki pada hari Minggu, 01 September 2024, pukul 06:10 WITA. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak (± 2184 meter di atas permukaan laut)," demikian informasi dari situs resmi magma.esdm.

Menurut pengamatan dari pos pantau PVMBG di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang bergerak ke arah barat. Saat laporan ini disusun, erupsi masih berlangsung.

PVMBG meminta kepada masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Selain itu, warga dan wisatawan diimbau untuk menjauh sejauh 4 kilometer ke arah utara-timur laut dan 5 kilometer ke arah timur laut dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. Masyarakat diminta untuk tetap tenang, mengikuti arahan dari pemerintah daerah, dan tidak mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya.

"Pemerintah Daerah terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung," tulisnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut