get app
inews
Aa Read Next : Produksi Pertanian Meningkat di Komodo dengan Beroperasinya DI Wae Mese

Mentan RI Targetkan Merauke sebagai Daerah Percontohan Pertanian Modern

Kamis, 18 April 2024 | 15:51 WIB
header img
Menteri Pertanian Targetkan Merauke sebagai Daerah Percontohan Pertanian Modern. foto istimewa

MERAUKE, iNewsTTU.id--Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menetapkan Kabupaten Merauke di Provinsi Papua Selatan sebagai daerah percontohan pertanian modern yang dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Hal ini diungkapkan Mentan setelah melakukan peninjauan pemasangan pompanisasi di Desa Amunkay, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke.

"Mimpi kami ke depan adalah mentransformasi pertanian tradisional menuju modern dengan tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan petani karena kita bisa menekan biaya produksi hingga 60 persen," ujar Mentan dikutip iNewsTTU.id dari akun kementrian Pertanian, Rabu, 17 April 2024.

Sebagai langkah awal, Mentan menyatakan bahwa pemerintah sedang bekerja pada lahan seluas 20 ribu hektare dari total target 500 ribu hektare. Target ini diharapkan dapat tercapai dalam waktu dekat mengingat Indeks Pertanaman (IP) di Merauke rata-rata 2 kali dalam semusim dan bisa ditingkatkan menjadi 3 kali dalam semusim.

"Pertama-tama, kami akan menggarap lahan seluas 20 ribu hektare untuk optimalisasi lahan. Jika ini berhasil, kami akan mengelola 500 ribu hektare dari potensi 1,2 juta hektare," katanya.

Namun, Mentan juga menyoroti pengelolaan air yang dinilai masih kurang maksimal di daerah tersebut. Oleh karena itu, program pompanisasi di Merauke akan diperkuat agar petani bisa bertanam di musim kering.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut