Logo Network
Network

Basarnas Kupang Gelar Apel Pembukaan Siaga SAR Lebaran 2024

Seth Besie
.
Rabu, 03 April 2024 | 20:53 WIB
Basarnas Kupang Gelar Apel Pembukaan Siaga SAR Lebaran 2024
Basarnas Kupang Gelar Apel Pembukaan Siaga SAR Lebaran 2024. Foto: istimewa


Kupang, iNewsTTU.id - Dalam rangka mengantisipasi potensi kedaruratan selama masa mudik Idulfitri, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang menggelar Apel Kesiapsiagaan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, I Putu Sudayana. Apel tersebut bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang.

Siaga SAR Khusus Lebaran ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan layanan pencarian dan pertolongan yang cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi dengan pihak terkait.

Hal ini diharapkan dapat menjaga suasana mudik masyarakat agar berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali. Siaga SAR Khusus Lebaran akan berlangsung selama 16 hari, mulai dari tanggal 3 April hingga 18 April 2024.

Dalam arahannya, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Kusworo, menegaskan pentingnya Siaga SAR Khusus Lebaran sebagai wujud kesiapsiagaan tim SAR dalam menghadapi situasi darurat selama periode lebaran.

Basarnas, sesuai tugas dan fungsinya, bertanggung jawab atas operasi SAR, termasuk pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi korban pada berbagai kejadian darurat seperti kecelakaan pesawat, kapal, dan bencana alam.

"Basarnas siap memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan," kata Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo.

Selain itu, Kabasarnas juga menekankan pentingnya keselamatan bagi seluruh personel yang terlibat dalam operasi SAR.

 "Tim SAR harus mengutamakan keselamatan. Safety first, zero accident," tegasnya.

Kabasarnas juga mendorong instansi terkait untuk memastikan kepatuhan terhadap standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, serta mengutamakan aspek keselamatan bagi wisatawan selama periode mudik Idul Fitri.

Dengan kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik, diharapkan Siaga SAR Khusus Lebaran ini dapat memberikan perlindungan dan bantuan yang efektif bagi masyarakat yang membutuhkan selama perayaan Idulfitri.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Bagikan Artikel Ini