get app
inews
Aa Read Next : Kisah Fika Silvi Dokter Lapas Kelas II A Kupang, Merawat Kesehatan di Balik Jeruji Besi

Sejarah, Pertama Kalinya Seorang Pastor dari NTT Lulus Seleksi Perwira Polri

Kamis, 14 Maret 2024 | 06:08 WIB
header img
Pastor Oktovianus Pelagian Ranta, seorang imam muda berusia 29 tahun, dari Keuskupan Ruteng, NTT lolos jadi Perrwira Polri Sunber Sarjana. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Sebuah peristiwa yang menarik terjadi saat  seorang imam Katolik dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengambil langkah luar biasa dengan memilih untuk mengikuti seleksi masuk Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Pastor Oktovianus Pelagian Ranta, seorang imam muda berusia 29 tahun, dari Keuskupan Ruteng, NTT, telah berhasil meraih kelulusan dalam Seleksi Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2024.

Langkah ini bukanlah hal yang biasa, karena Pastor Oktovianus menjadi sosok pertama dari kalangan agama Katolik yang diakomodir dalam penerimaan Polri melalui jalur SIPSS. Seorang lulusan Seminari Ritapiret, Pastor Oktavianus telah mendedikasikan dirinya untuk melayani dalam peran imamat sejak ditahbiskan pada Oktober 2023.

Sebelumnya, Pastor Oktovianus telah menghabiskan waktu sebagai pastor rekan di Paroki Santa Familia Waenakeng sebelum dipanggil untuk mengikuti seleksi di Panda Polda NTT. Meskipun awalnya terkejut dengan penunjukan tersebut, Pastor Oktovianus dengan tekun mengikuti setiap tahapan seleksi dengan penuh dedikasi.

Meskipun beberapa rekannya dari disiplin ilmu yang berbeda tidak berhasil melalui seleksi, Pastor Oktovianus berhasil menembusnya dan akan melanjutkan pendidikan selama enam bulan di Akpol Lemdiklat Polri di Semarang, Jawa Tengah.

Penerimaan SIPSS 2024 membutuhkan peserta untuk melewati serangkaian tes dan pemeriksaan yang ketat, dimulai dari pemeriksaan administrasi hingga tes kompetensi keahlian dan kesamaptaan jasmani. Dengan kelulusannya, Pastor Oktovianus akan membawa harapan bagi kalangan agama dan masyarakatnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut