get app
inews
Aa Read Next : Gereja Katolik Peringati 750 Tahun Kematian Santo Thomas Aquinas

Santo Thomas Aquinas, Pilar Teologi Katolik dan Penulis Buku Monumental Summa Theologica

Minggu, 28 Januari 2024 | 19:26 WIB
header img
Santo Thomas Aquinas (Foto: Istimewa).

Jatuh Cinta dengan Kristus
St Thomas Aquinas biasanya dikenal karena kehebatan intelektualnya, tetapi ia tidak selalu dikenal karena kesalehan atau doanya.

Namun dialah yang menggubah himne Ekaristi “Pange Lingua” dan “Tantum Ergo” serta nyanyian lainnya yang dimasukkan ke dalam tradisi liturgi.

Kedua himne tersebut dipesan oleh Paus untuk pesta Corpus Christi. Demikian pula, secara umum orang lupa bahwa devosinya kepada Perawan Maria sedemikian rupa sehingga dalam buku catatannya ia selalu menulis “Salam Maria” dan kepadanya ia mendedikasikan sebuah risalah tentang doa Salam Maria.

Sebuah tradisi tertentu menyatakan bahwa Yesus Kristus menampakkan diri kepadanya dan berkata: “Thomas, kamu telah berbicara baik tentang aku, apa yang kamu inginkan sebagai balasannya?” St Thomas menjawab: “Tuhan, satu-satunya hal yang kuinginkan adalah mencintaimu, sangat mencintaimu, dan semakin menyenangkanmu.”

Di penghujung masa hidupnya, Thomas diutus oleh Paus Gregorius X ke Konsili Lyons namun jatuh sakit dalam perjalanan. Dia diterima di biara Cistercian di Fosanova, di mana dia tinggal sampai kematiannya.

Sebelum meninggal, dia menerima Ekaristi dan berkata: “Sekarang aku menerimamu, Yesusku, yang telah membayar dengan darahmu harga penebusan jiwaku. Semua ajaran yang saya tulis menyatakan iman saya kepada Yesus Kristus dan kasih saya kepada Gereja Katolik yang kudus, yang saya akui sebagai anak yang taat.”

St Thomas Aquinas meninggal 750 tahun yang lalu, pada tanggal 7 Maret 1274, pada usia 49 tahun. Jenazahnya dibawa ke Katedral Toulouse pada 28 Januari tahun berikutnya. Dia dinyatakan sebagai doktor Gereja pada tahun 1567.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut