get app
inews
Aa Read Next : Paus Fransiskus akan Mengunjungi Indonesia dan Timor Leste pada September 2024

Gereja Katolik Peringati 750 Tahun Kematian Santo Thomas Aquinas

Jum'at, 08 Maret 2024 | 19:08 WIB
header img
Prosesi relikwi Santo Thomas Aquinas di Priverno, Italia, 7 Maret 2024 (Foto: Daniel Ibanez/CNA).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Gereja Katolik seluruh dunia peringati 750 tahun kematian Santo Thomas Aquinas, relikwi yang dihormati sebagai peninggalan St. Thomas Aquinas dibawa dalam prosesi khidmat melalui jalan-jalan berbatu di kota Priverno, Italia selatan.

Uskup Mariano Crociata memimpin prosesi untuk menghormati filsuf dan teolog abad pertengahan yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar dalam peradaban Barat yang meninggal di dekat Biara Fossanova pada tanggal 7 Maret 1274.

Peninggalan tersebut telah dihormati di katedral kota abad ke-12 sejak ditemukan di altar dekat Biara Fossanova pada tahun 1585 dengan dokumen notaris yang menunjukkan bahwa itu adalah tengkorak Dokter Malaikat.

Pastor Alessandro Trani, rektor Katedral Santa Maria Annuziata Priverno, mengatakan bahwa pengabdian yang kuat di kota tersebut, yang menganggap Aquinas sebagai pelindungnya, sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

“Di sini St. Thomas menghabiskan hari-hari terakhir hidupnya,” kata Trani kepada CNA.

“Aquinas tinggal bersama sepupunya di Kastil Maenza, dan dari sana dia meminta untuk dibawa ke tempat suci dan dia dibawa ke Biara Fossanova, di mana dia mengakhiri ziarah duniawinya,” katanya lebih lanjut.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut