get app
inews
Aa Read Next : Sidang Lanjutan Kasus Alfred Baun, Begini Permintaan Penuntut Umum Kepada Hakim Tipikor Kupang

Tok, Mantan Menkominfo Johnny G Plate Divonis 15 Tahun Penjara

Rabu, 08 November 2023 | 16:27 WIB
header img
Mantan Menkominfo Johnny G Plate divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim atas kasus proyek pengadaan BTS BAKTI Kominfo. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate telah resmi dijatuhi hukuman penjara selama 15 tahun dalam kasus proyek pengadaan BTS BAKTI Kominfo.

Keputusan ini diumumkan oleh Majelis Hakim dalam sidang vonis hari ini, Rabu (8/11/2023).

Ketua Majelis Hakim, Fahzal Hendri, membacakan putusan ini di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Hakim Fahzal menyatakan, "Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Johnny Gerard Plate dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar yang dapat diganti dengan kurungan selama 6 bulan."

Hakim meyakini bahwa terdakwa Johnny Gerard Plate telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama, sebagaimana yang dituduhkan dalam Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Majelis Hakim juga memerintahkan Politikus Partai NasDem tersebut untuk membayar uang pengganti senilai Rp15,5 miliar, yang dapat diganti dengan dua tahun penjara.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut