get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Kupang Terancam 7 Tahun Penjara Usai Tertangkap CCTV Mencuri Rokok

PKM Beri Pelatihan Membuat Akuarium Ikan Hias bagi Guru dan Lomba Mewarnai Biota Laut bagi Siswa

Senin, 18 September 2023 | 09:19 WIB
header img
Pelatihan pembuatan akuarium hias bagi Guru-guru SD dan lomba mewarnai biota laut bagi siswa SDK STA Maria Assumpta. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Pengabdian Kepada Masyarakat ( PkM) menggelar Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru dan Lomba Mewarnai Biota Laut bagi Siswa dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di SDK STA Maria Assumpta.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan oleh Tim Dosen dari Program Studi Budidaya Perairan dan Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (FPKP) Universitas Nusa Cendana (Undana). Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Dr. Yudiana Jasmanindar dan beranggotakan Dr. Chaterina Agusta Paulus dan Suprabadevi A. Saraswati.

Berdasarkan rilis yang diterima iNews.id Senin ( 18/9/2023), Kegiatan ini didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undana. Kegiatan pengabdian ini dibuka oleh Perwakilan dari LPPM Undana pada Sabtu, ( 16/09/2023) di SDK STA Maria Assumpta, Kota Kupang.


Kegiatan PkM ini bertemakan : "Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru SD dan Lomba Mewarnai Biota Laut dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak” dan diikuti oleh semua murid kelas II dan guru-guru SD peserta pelatihan, keterwakilan LPPM, dosen dan mahasiswa prodi BDP dan prodi MSP, FPKP Undana.

Dua kegiatan utama yang dilaksanakan adalah: (1) Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias bagi Guru-Guru SD, dan (2) Lomba Mewarnai Biota Laut siswa kelas II. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah 2 (dua) Paket Akuarium Hias dan 1 (satu) Paket Kegiatan Lomba Mewarnai Biota Laut serta piagam penghargaan bagi para siswa/i yang telah mengikuti lomba mewarnai.

" Di usia dini anak mampu menyerap informasi dengan sangat cepat. Menurut para ahli, pendidikan anak sejak dini membuat mereka bisa berinteraksi dalam hubungan sosial. Dalam hal ini anak-anak mulai bermain dan belajar bersama dengan teman-temannya melalui interaksi sosial yang terjadi. Kegiatan ini dapat membantu mereka untuk mengelola stres hingga menyelesaikan masalah," Ujar Dr. Yudiana Jasmanindar.

Pembinaan pendidikan untuk anak dapat dimulai dengan pendekatan bermain sambil belajar. Selain itu, juga sebagai salah satu cara untuk mengenalkan lingkungan, tentunya membutuhkan media pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas siswa SD. Kebutuhan akan media pembelajaran bagi siswa SD ketika tim pengabdian berkunjung, masih belum menyentuh aspek lingkungan perikanan dan kelautan.

Akuarium merupakan salah satu media berupa tempat atau wadah yang digunakan untuk pemeliharaan ikan terutama ikan hias. Akuarium memiliki filosofi dan manfaat penting bagi kehidupan kita, dengan adanya akuarium kita dapat menghadirkan suasana yang lebih segar dan hidup di sekolah maupun di rumah. Selain itu, manfaat penting lainnya adalah menumbuhkan rasa ingin tahu tentang ikan hias yang hidup dalam akuarium yang ada.

Solusi dari permasalahan ini adalah mengoptimalkan media pembelajaran dari aspek perikanan dan kelautan. Media pembelajaran mengenai lingkungan perikanan melalui pelatihan pembuatan akuarium hias bagi Guru-guru SD dan lomba mewarnai biota laut bagi siswa sebagai suatu peluang solusi yang dapat mengatasi permasalahan dari pengembangan media pembelajaran aspek lingkungan perikanan dan kelautan. Dengan demikian mitra ini sangat membutuhkan media pembelajaran aspek lingkungan perikanan dan kelautan. 

Melalui kegiatan pelatihan pembuatan akuarium hias bagi Guru-guru SD diharapkan siswa nantinya dapat mempelajari lingkungan atau habitat ikan serta kegiatan lomba mewarnai biota laut bagi siswa kategori kelas terapi diharapkan siswa terapi dapat dikenalkan dengan biota-biota laut, seperti Paus, Lumba-lumba, Pari, terumbu karang, bintang laut, teripang, ikan karang, krustasea, moluska dan lain sebagainya.

Tujuan dari PkM adalah membantu para guru dalam mengembangkan media pembelajaran bagi siswa/i SDK STA Maria Assumpta. Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran Guru dan siswa SDK STA Maria Assumpta adalah adanya pengembangan media pembelajaran terutama dari aspek lingkungan perikanan dan kelautan. Pelatihan pembuatan akuarium hias bagi Guru-guru SD dan lomba mewarnai biota laut bagi siswa merupakan solusi yang diharapkan oleh SDK STA Maria Assumpta untuk mengoptimalkan media pembelajaran lingkungan terutama dari aspek perikanan dan kelautan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pembuatan akuarium hias bagi Guru-guru SD dan lomba mewarnai biota laut bagi siswa SDK STA Maria Assumpta. Program kemitraan masyarakat ini memberikan kontribusi terhadap bidang ilmu pengembangan pendidikan dan lingkungan perairan (termasuk perikanan).

"Jenis material yang akan diabdi pada Aspek Pengembangan Media Pembelajaran tentang Perikanan bagi Guru dan Siswa SDK STA Maria Assumpta, sedangkan obyek pengabdian “Peningkatan kapasitas Guru dan Siswa SD melalui partisipasi dan keterlibatan kelompok guru dan siswa dalam proses pembuatan akuarium ikan hias dan kegiatan lomba mewarnai," Tandasnya.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut