get app
inews
Aa
Read Next : Saksi Sebut Tanah Jalan Veteran di Kota Kupang Tercatat Sebagai Aset Pemerintah Sejak 1989

Paus Fransiskus Minta Pengadilan Negara Vatikan Usut Skandal Keuangan Gereja

Senin, 27 Februari 2023 | 21:30 WIB
header img
Paus Fransiskus (Foto: Media Vatican).

VATIKAN, iNewsTTU.id - Kasus-kasus kesalahan manajemen keuangan yang parah tidak dapat dihindari dalam beberapa tahun terakhir yang melibatkan anggota Gereja dan sejumlah klerus sehingga adanya Pengadilan Vatikan sangat diperlukan.

Hal itu disampaikan oleh Paus Fransiskus kepada sekelompok hakim Vatikan pada Sabtu, (25/02/2023) yang dikutip dari Vatican News.

“Masalahnya bukanlah persidangan, tetapi fakta dan perilaku yang menentukannya, dan membuatnya sangat diperlukan,” ujarnya.

Faktanya, dia menambahkan, perilaku seperti itu oleh para anggota Gereja secara serius merusak keefektifannya dalam memberikan terang ilahi.

Paus Fransiskus membahas perselisihan hukum Vatikan baru-baru ini dalam pidatonya kepada anggota pengadilan negara kota untuk pembukaan tahun yudisial ke-94.

Vatikan sedang menjalani persidangan untuk menuntut 10 orang, termasuk Kardinal Angelo Becciu, atas tuduhan terkait keuangan lembaga itu. Uji coba yang dimulai pada Juli 2021 itu diharapkan selesai sebelum akhir tahun.

Persidangan tersebut berpusat pada pembelian gedung London oleh Sekretariat Negara, sebuah investasi kontroversial yang merugikan Vatikan ratusan ribu euro. Itu juga menandai pertama kalinya seorang kardinal diadili oleh hakim awam Vatikan.

Pada bulan Januari, pengadilan Vatikan juga mengadakan sidang pendahuluan untuk tuntutan hukum oleh mantan auditor Vatikan Libero Milone, yang mengklaim bahwa dia secara tidak sengaja dipaksa keluar dari pekerjaannya pada tahun 2017.

"Pengadilan Negara Kota Vatikan memainkan peran yang berharga untuk kepentingan Tahta Suci ketika harus menyelesaikan perselisihan yang bersifat sipil atau kriminal,” lanjutnya.

Ia menekankan pentingnya keadilan untuk mempromosikan perdamaian. Dalam beberapa tahun terakhir, sengketa hukum dan persidangan di Vatikan telah meningkat.

Begitu pula dengan keseriusan tindakan di balik proses hukum, terutama dalam pengelolaan aset dan keuangan Vatikan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut