get app
inews
Aa Read Next : Sinar Oeledo FC Meraih Gelar Juara dalam Turnamen Sepak Bola Mini Soccer Danlanud El Tari Cup II

Pertama dalam Sejarah Sepak Bola, Kartu Putih Dikeluarkan oleh Wasit saat Laga Resmi

Jum'at, 27 Januari 2023 | 07:18 WIB
header img
Wasit perempuan bernama Catarina Campos mengeluarkan kartu putih saat laga liga sepakbola wanita antara Sporting Lisbon vs Benfica. Foto : Ist

Atas aksi sigap staf medis dari Benfica maupun Sporting Lisbon, wasit Catarina Campos lantas memberikan hadiah  kartu putih. Hal itu membuat penonton di Estadio da Luz tampak kebingungan.

Sebab untuk pertama kali dalam sebuah pertandingan resmi sepak bola, seorang wasit memberikan kartu putih.

Seperti dilansir BBC, kartu putih tersebut rupanya merupakan wujud apresiasi aksi sportivitas dan fair play saat pertandingan berlangsung. Ini tentu saja memiliki makna yang bertolak belakang dengan kartu kuning maupun merah.

Dengan kata lain, kartu putih diberikan bukan sebagai hukuman, melainkan sebagai apresiasi alias penghargaan. Diperkenalkannya kartu putih kini merupakan bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal guna mendorong permainan yang adil serta telah diadopsi oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

Sejauh ini baru Portugal yang mengadopsi penggunaan kartu putih, dan masih harus dilihat apakah kartu ini akan dipakai di federasi sepak bola negara lain serta bagaimana reaksi fans sepak bola dunia terhadap hal tersebut.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut