HIV AIDS Renggut 147 Nyawa Warga TTS, Terbanyak Kecamatan Kota

Seth Besie
.
Kamis, 24 November 2022 | 05:55 WIB
Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyebut, ada 25 titik rawan penyebaran HIV/ AIDS yang menjadi sasaran pemetaan populasi kunci di Kabupaten Brebes. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

SOE, TTU.INEWS.ID - Sebanyak 147 warga Timor Tengah Selatan meninggal akibat HIV AIDS, jumlah tersebut  tercatat sejak tahun 2007 hingga Desember 2021.

Komisi Penanggulan AIDS Kabupaten TTS, Okto Nabunome menyebut jumlah terbanyak ada di Kecamatan Kota SoE

“ Sejak tahun 2007 hingga Desember 2021 tercatat 457 warga TTS terinfeksi HIV/AIDS. Dari total tersebut, 147 di antaranya meninggal dunia,” ungkap Okto dalam kegiatan penggalangan dukungan dan pemberdayaan program kegiatan dalam rangka penanggulan HIV/AIDS di Kabupaten TTS, Rabu 23 November 2022 di aula Dinas P3A. 

Pengidap HIV AIDS terdapat pada sejumlah warga berprofesi sebagai guru, ASN maupun pegawai swasta.

Sementara itu, Stef Tupen, staf Dinas Kesehatan setempat menghimbau masyarakat untuk tidak memberikan stigma negatif terhadap orang dengan HIV/AIDS. 

"Masyarakat tidak perlu takut untuk berinteraksi dengan penderita HIV/AIDS karena virus HIV/AIDS hanya menular lewat darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu,"katanya.

Lanjut Stef Berjabatan tangan, duduk bersama, berbincang dan makan bersama tidak bisa menularkan virus tersebut. 

“ Kita tidak perlu takut berlebihan dengan mereka yang menderita HIV/AIDS. Mereka butuh dukungan kita. Kita bisa tetap hidup berdampingan dengan mereka tanpa perlu mengucilkan atau menjauhi mereka,” imbau Stef. ***

Editor : Sefnat Besie
Bagikan Artikel Ini