get app
inews
Aa Read Next : Simak Strategi Ganjar-Mahfud Membangun Sistem Pertahanan Berkelas Dunia

Ini Satu-satunya Sosok Jenderal Bintang 6 di Dunia

Kamis, 06 Oktober 2022 | 20:11 WIB
header img
Jenderal Bintang 6 satu-satunya di dunia (Foto:Encyclopedia Britannica)

JAKARTA, INEWSTTU.ID- Setiap prajurit tentara selain bertugas melindungi negara, mereka juga menginginkan karier dan pangkat yang tinggi ditempatnya bertugas. Namun tidak semua prajurut berhasil mencapai puncak dibidang militer khususnya menjadi Jenderal apalagi jenderal bintang 6.

John Joseph “Black jack” Pershing menjadi satu-satunya jenderal pemegang pangkat bintang 6. Pada 13 September 1860, Pershing menyetujui untuk memilih lencana sendiri. Ia pun memilih menggunakan empat bintang emas untuk membedakannya dengan perwira yang memegang pangkat jenderal yang ditandai dengan empat bintang perak.

Pershing diketahui membawahi dua jenderal bintang lima. Sehingga secara tidak resmi Angkatan Darat menganggap Pershing sebagai jenderal bintang enam. Sayangnya, Jenderal John Joseph Pershing meninggal dunia sebelum lencana yang diusulkan untuk dipertimbangkan dan diterima oleh Kongres. Selengkapnya, ini profil John Joseph “Black jack” Pershing yang menjadi satu-satunya jenderal bintang enam di dunia.

Jenderal Bintang 6 Hanya Ada 1 di Dunia John Joseph “Black Jack” Pershing menjadi satu-satunya orang Amerika yang dipromosikan dalam masa hidupnya sendiri ke pangkat Jenderal Angkatan Bersenjata, pangkat tertinggi dalam Angkatan Darat Amerika Serikat. John Joseph Pershing lahir di Laclede pada 1860. Mengutip History, Pershing menghabiskan tahun-tahun pertama karier militernya dalam pertempuran AS melawan Apache dan penduduk asli Amerika Sioux di New Mexico.

kemudian dipromosikan menjadi letnan satu Kavaleri ke-10. Ini menjadikan Pershing sebagai salah satu perwira kulit putih pertama yang memimpin pasukan berkulit hitam. Dari sinilah julukan Pershing sebagai Black Jack diduga bermula. Nama Pershing dikenal luas sebagai Jenderal Angkatan Darat Amerika yang memimpin Pasukan Ekspedisi Amerika (AEF) di Eropa selama Perang Dunia I.

Angkatan bersenjata AS berkembang pesat selama konflik, dan Pershing ditugaskan untuk mengubah sekitar 2 juta pasukan yang relatif tidak berpengalaman menjadi kekuatan tempur profesional.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut