get app
inews
Aa Read Next : Kenali Faktor Penyebab Gagal Napas dan Masalah Jantung Seperti Dialami Iqbal Pakula

Serangan Jantung, Ini Cara Pertolongan Pertama

Senin, 03 Oktober 2022 | 20:16 WIB
header img
Serangan Jantung, Ini Cara Pertolongan Pertama. Ilustrasi (Foto: The Heart Foundation)

Dia menambahkan, Cardiac Ward juga diperuntukan bagi pasien pra-dan post tindakan seperti Percutaneous Coronary Intervention (PCI) yaitu prosedur intervensi non bedah.

"Kami juga melakukan layanan bedah jantung dengan teknik Coronary Artery Bypass Graft (CABG) dan Minimally Invasive Cardiac Surgery (MICS)," kata dr. Susan Ananda.

Dokter Spesialis Bedah Toraks dan Kardiovaskular Amin Tjubandi mengatakan, MICS merupakan inovasi terkini dalam teknik bedah jantung.

"Metode pembedahan ini menggunakan sayatan kecil sehingga kehilangan darah lebih sedikit, mengurangi ketidaknyamanan pasca-operasi, waktu penyembuhan lebih cepat, menurunkan risiko infeksi, serta menghilangkan kemungkinan infeksi luka dalam sternum. Prosedur ini juga dapat menjadi pilihan bagi pasien yang memiliki risiko tinggi, seperti karena usia atau riwayat medis lainnya," ujar dr. Amin.

Dia menjelaskan, MICS tidak bisa diberikan kepada sembarangan orang. Ada kriteria yang harus dipenuhi oleh penderita sebelum melakukan operasi. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pasien di antaranya dilakukan pada pasien jantung koroner yang gejalanya tidak bisa diperbaiki lagi. MICS dapat dilakukan pada pasien yang telah menjalani operasi pemasangan ring. Operasi MICS boleh dilakukan pada pasien yang belum pernah mengalami serangan jantung.

"MICS dilakukan pada pasien jantung koroner dengan penyumbatan mencapai 50 persen. Pasien yang ingin melakukan MICS tidak boleh memiliki berat badan berlebihan atau obesitas," kata dia.

Metode MICS juga menjadi rekomendasi untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Dibandingkan operasi biasa, MICS dapat memberikan berbagai kelebihan untuk pasien. Beberapa kelebihan yang diberikan MICS seperti luka yang dihasilkan kecil atau minim sehingga pasien lebih cepat untuk sembuh. Infeksi luka juga jarang terjadi.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ketahui Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung Mendadak  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/ketahui-pertolongan-pertama-saat-terjadi-serangan-jantung-mendadak.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut