get app
inews
Aa Read Next : Kenali Faktor Penyebab Gagal Napas dan Masalah Jantung Seperti Dialami Iqbal Pakula

Serangan Jantung, Ini Cara Pertolongan Pertama

Senin, 03 Oktober 2022 | 20:16 WIB
header img
Serangan Jantung, Ini Cara Pertolongan Pertama. Ilustrasi (Foto: The Heart Foundation)

JAKARTA, INEWSTTU.ID- Data dari WHO, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia dengan angka mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya. Sementara, di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan, penyakit jantung juga menduduki peringkat tertinggi dengan membebani BPJS hingga lebih dari Rp10 triliun dan terus meningkat setiap tahunnya.

Penyakit jantung koroner masih menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Biasanya, pemicu utamanya yaitu gaya hidup, rokok, manajemen stres yang buruk, hingga pola makan yang tidak sehat. Penyakit jantung terjadi akibat adanya penyempitan atau penyumbatan di dinding koroner karena adanya endapan lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplai darah ke jantung menjadi terganggu.

Jika tidak tertangani dengan baik, penderita jantung koroner berpotensi mengalami henti jantung mendadak sudden cardiac death. Biasanya disebut serangan jantung. Untuk mengatasi serangan jantung mendadak, Anda harus paham bagaimana menangani dengan cepat saat terjadi serangan jantung.

Dokter spesialis jantung RS Premier Jatinegara, Hasril Hadis mengatakan, perlu ada perawatan komprehensif bagi pasien yang terkena serangan jantung. Sebab, serangan jantung dapat menyebabkan kematian bila tidak segera tertangani.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut