Ternyata Begini Manfaat Eco Enzyme untuk Petani TTU

Seth Besie
.
Jum'at, 23 September 2022 | 14:29 WIB
Penggiat Eco Enzyme NTT, Chairel Malelak, saat memberi materi pelatihn pembuatan eco enzyme. Foto: iNewsTTU.id/seth


KEFAMENANU, INEWSTTU.ID--Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Eco Enzyme. Eko-enzim adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik dan gula.

Pada dasarnya, eko-enzim mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dalam pemanfaatan sampah buah atau sayuran.

Khusus di Timor Tengah Utara, NTT, Pemanfaatan eco enzyme dimasifkan pasalnya, Eco enzyme dinilai bisa membantu memecahkan masalah pertanian.

Petani diharapkan tidak terlalu bergantung dengan pupuk anorganik. Pupuk organik lebih bagus. Petani harus belajar dan membiasakan tidak bergantung pada subsidi pupuk, walau pemerintah selalu menyediakan anggaran besar pupuk subsidi untuk petani.

Penggiat Eco Enzyme NTT, Chairel Malelak hingga saat ini tak bosan-bosan menyampaikan materi pelatihan tentang Eco Enzyme kepada para penyuluh, petani, ibu rumah tangga, bahkan polisi maupun para milenial.

"Manfaatnya untuk pertanian sebagai pupuk cair dan untuk pembasmi hama penyakit,"tandas Kepala Bidang di Dinas Ketahanan Pangan TTU, Jumat, 23/09/2022.

Chairel Malelak menceritakan, cara membuat Eco Enzyme cukup mudah. Cukup mengumpulkan kulit buah atau buah yang tidak layak dikonsumsi atau sampah sayuran segar, namun dalam keadaan tidak busuk.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini