Keluarga Jadi Sekolah yang Pertama dan Utama Wujudkan Generasi Emas Indonesia

Rudy Rihi
Dari kiri ke kanan : AKP. Fridinari. D. Kameo, Libby Sinlaloe France Tiran. Foto : Ist

Ia juga menjelaskan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk mencapai tujuan ini. Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih mendukung dan aman bagi keluarga, serta memastikan bahwa setiap individu memahami tanggung jawab mereka dalam mencegah kekerasan dan membangun keluarga yang harmonis.

Selain itu, pentingnya kesiapan mental dan fisik orang tua dalam membesarkan anak-anak, karena kondisi tersebut sangat memengaruhi kualitas pengasuhan. Masalah ekonomi dan kurangnya edukasi bagi calon pengantin dapat berkontribusi pada terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

"Ketika orang tua tidak siap secara mental dan fisik, mereka mungkin kesulitan mengelola stres dan konflik, yang dapat meningkatkan risiko kekerasan dalam keluarga. Keterbatasan dalam pengetahuan tentang cara membangun hubungan yang sehat dan pola asuh yang positif juga dapat memperburuk situasi. Oleh karena itu, penting untuk memberikan dukungan dan pendidikan yang memadai kepada calon pengantin serta keluarga untuk mencegah kekerasan dan memastikan lingkungan rumah yang aman dan harmonis bagi anak-anak”, tambah France Tiran.

Keluarga juga berperan penting dalam mendukung dan melindungi anak-anak dari ancaman eksternal, membentuk karakter, dan mengembangkan potensi mereka secara optimal. Dengan demikian, kekuatan dan kualitas hubungan dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perlindungan anak-anak.

“Kita semua harus bersama-sama memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak, dengan menekankan pentingnya tidak melakukan kekerasan dalam bentuk apa pun dan mendukung korban untuk berbicara melawan kekerasan. Penting untuk berani melaporkan kasus kekerasan dan bekerja sama dalam memutus mata rantai kekerasan," jelas Linda Rairutu

Linda menegaskan bahwa kekerasan bukan hanya merupakan masalah yang harus diatasi oleh pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Dengan kolaborasi dan kesadaran kolektif, dapat memperkuat upaya perlindungan dan memastikan bahwa setiap individu dapat hidup dalam lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan.

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network