Bertahan di Lokasi Sejak Pesawat jatuh, Pilot Kargo Pilatus Ditemukan Selamat

Usman Coddang/Sefnat Besie
Teknisi Pesawat Pilatus Ditemukan Tewas, Pilot Selamat dalam Kondisi Luka Teknisi dan pilot pesawat kargo pilatus yang hilang kontak berhasil dievakuasi menggunakan Helikopter Caracal ke Tarakan melalui Lanud Abang Busra. Foto/Ismail Coddang

Nunukan, iNewsTTU.id- Sebuah pesawat kargo SNE PC-6 Pilatus yang sebelumnya hilang kontak akhirnya ditemukan dalam kondisi tragis di area Biuang, Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. Teknisi pesawat, yang diidentifikasi sebagai Deni, ditemukan tewas sementara pilot pesawat, Muhammad Yusuf, berhasil selamat meski mengalami luka.

Proses evakuasi dilakukan oleh Tim SAR sejak Minggu (10/3/2024) pagi hingga sore dengan dukungan Helikopter Caracal milik TNI Angkatan Udara. Helikopter tersebut membawa kedua kru pesawat dan tiba di Lanud Anang Busra, Tarakan, pada Minggu sore sekitar pukul 17.22 Wita.

Komandan Lanud Anang Busra Tarakan, Kolonel Penerbang Bambang Sudewo, memberikan informasi terkait kondisi kedua kru pesawat.

"Teknisi pesawat, Deni, telah meninggal dunia, sedangkan pilot pesawat, Muhammad Yusuf, ditemukan selamat namun mengalami luka pada tubuhnya," ungkap Bambang Sudewo.

Keluarga korban dan perwakilan dari maskapai Smart Air yang mengoperasikan pesawat tersebut turut hadir saat kedua kru dievakuasi. Korban yang meninggal dunia dan sang pilot yang mengalami luka langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Jusuf SK.

Sebelumnya, pesawat kargo SNE PC-6 Pilatus Smart Air dilaporkan hilang kontak di wilayah Biuang, Krayan. Tim SAR melakukan pencarian intensif, dan setelah penemuan pesawat, evakuasi segera dilakukan untuk memberikan pertolongan kepada kedua kru. Kondisi Muhammad Yusuf, yang berhasil selamat.

Kejadian ini menjadi duka bagi keluarga dan pihak terkait, sementara penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk mengungkap penyebab sebenarnya dari kejadian tragis ini.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network