Profil Sabam Edy Sengge Pelatih Dojang Diklat BPSDMD Dan 4 Kukiwon

Rudy Rihi Tugu
Sabam Edy Sengge (duduk) berfoto bersama anak didiknya usai meraih 4 emas dan 1 perak pada kejuaraan Kapolri Cup V 2024 di Jakarta 1-4 Maret 2024. Foto : Ist

KUPANG,iNewsTTU.id- Di ujung rotan ada emas, peribahasa ini cocok di sematkan kepada sosok di balik kesuksesan atlet Dojang Taekwondo Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Daerah ( BPSDMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berhasil meraih prestasi luar biasa dengan merebut 4 medali emas dan 1 perak pada event lomba Taekwondo Kapolri Cup V yang berlangsung pada tanggal 1-4 Maret 2024 lalu di Mabes TNI, Jakarta Timur.

Adalah pelatih bertangan dingin Sabam Edy Sengge selaku Pelatih Dojang Diklat Dan 4 Kukiwon yang terus mengasah kemampuan para atletnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. ditemui Jumat ( 8/3/2024), usai bertemu Ketua TI NTT, Fransisco Bessi, ia menceritakan bagaimana ia melatih anak didiknya agar menjadi atlet taekwondo yang sukses.

" Saya kalau melatih mereka, yang tidak kuat pasti lari (ujarnya sambil tersenyum_red),  tapi disitulah mental mereka terbentuk, sudah banyak atlet yang berhasil karena didikan saya, jangankan atlet anak orang lain, cucu saya saja pasti saya berikan latihan yang tidak main- main, saya bergelut di dunia taekwondo sudah 35 tahun jadi pahit manis sudah saya alami," Ujarnya serius.

Ia menambahkan hanya tidak ingin anak asuhnya yang sudah mandi keringat saat berlatih harus kalah hanya dalam hitungan detik karena itu ia ingin seluruh atlet binaannya mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik mereka di pertandingan.

" Kalah menang biasa dalam pertandingan, tapi saya tidak mau anak didik saya yang sudah mandi keringat tiap hari lalu dalam sepersekian detik harus menyerah, saya tidak mau itu, karena itu saya tempa mental, fisik, dan skill mereka semaksimal mungkin, saya ingin mereka bisa mengangkat nama mereka, keluarga, NTT dan Indonesia lewat taekwondo," Tegasnya.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network