Aneka Sayur Mayur Hidupkan Ekonomi Warga Desa Depe Sabu Raijua

Rudy Rihi
Markus Lebe Heke dan istrinya Rut Rohi Djo, berfoto di lahan milik mereka di Desa Depe, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi

SABU RAIJUA,iNewsTTU.id-Masyarakat Desa Depe, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, kini rajin memanfaatkan lahan tidur yang ada untuk menanam berbagai tanaman sayur mayur seperti kangkung, sayur buncis, pare, bawang, sayur sawi dan cabe.

Markus Lebe Heke dan istrinya Rut Rohi Djo, yang berdomisili di Desa Depe RT 008/RW 004, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua
saat ditemui iNews.id, Selasa ( 25/7/2023) mengatakan mereka menanam lahan mereka pada awal Juli 2023 usai mendapatkan bantuan bibit sayuran dari Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT).

" Saya baru pensiun dari ASN awal Juli 2023 ini dan untuk mengisi waktu luang saya berkebun, pas kita dapat bantuan bibit sayur dari Majelis Sinode GMIT, saya manfaatkan lahan kosong sekaligus sebagai bahan pangan saat akan dilaksanakannya sidang klasis sinode GMIT pada bulan oktober 2023 mendatang," Ujarnya.

Senada dengan itu, Marthen Wadu Mata ketua kelompok tani Mata Ruba Desa Depe RT 001/RW 001 Dusun 1 mengatakan sejak bulan Juli 2023 ia dan kelompoknya mulai menanam sayuran selain untuk kebutuhan sehari- hari namun juga untuk dijual.


Marthen Wadu Mata di lahan pertanian kelompok tani Mata Ruba. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi



" Kelompok tani kami mulai menanam sayuran pada Juli 2023 juga, dan selain untuk makan sehari- hari, rencananya seorang warga bule ( WNA) yang sudah lama tinggal disini akan membuat pasar di desa kami untuk memasarkan hasil bumi ini, nanti dalam waktu dekat ini kami akan adakan pertemuan dengan Bupati Nikodemus Rihi Heke untuk membahas rencana ini, " Terang Marthen.(*)



Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network