Begini Cara Berhenti Merokok yang Ampuh

Thia Rahmani/Rivo
 Bagaimana cara berhenti merokok yang ampuh patut diketahui. Merokok adalah kebiasaan yang merugikan kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai penyakit serius. (Foto: Healthline)

Gantikan Kebiasaan Merokok dengan Kebiasaan Sehat 

Temukan kegiatan atau hobi baru yang dapat menggantikan waktu dan energi yang sebelumnya digunakan untuk merokok. Adapun cara berhenti merokok yang bisa anda lakukan seperti, berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Anda juga dapat mencoba aktivitas lain seperti membaca, menggambar, atau belajar sesuatu yang baru.

Manfaatkan Pengganti Nikotin 

Pengganti nikotin seperti permen karet, plester nikotin, atau inhaler nikotin dapat membantu mengurangi keinginan dan gejala penarikan saat Anda berhenti merokok. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar.

Hindari Rokok Elektronik dan Vaping 

Meskipun rokok elektronik dan vaping dianggap sebagai alternatif yang lebih aman, tetaplah menjauhinya. Cara berhenti merokok sepenuhnya merupakan tujuan anda, bukan menggantinya dengan kebiasaan lain yang tetap melibatkan nikotin.

Jaga Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan 

Setelah berhenti merokok, penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kebugaran dan mengurangi stres. Juga, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan mengelola stres dengan baik.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network